8 Makanan Khas Arab Saudi yang Enak dan Menarik untuk Dicoba

Kamis, 22 Agustus 2024 | 10:49 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Makanan Khas Arab Saudi yang Enak dan Menarik untuk Dicoba

ILUSTRASI. Ada beberapa makanan khas Arab Saudi yang enak dan menarik untuk dicoba.


KULINER - Ada beberapa makanan khas Arab Saudi yang enak dan menarik untuk dicoba. Selain itu, makanan khas Arab Saudi memiliki ciri khas tersendiri.

Arab Saudi memiliki tradisi kuliner yang kaya dengan cita rasa yang khas, dipengaruhi oleh sejarah panjang dan letaknya yang strategis di jalur perdagangan dunia. 

Melansir dari Wikipedia, makanan khas Arab Saudi yang cukup populer salah satunya kabsa.

Baca Juga: Tengok Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru Hari Ini Kamis 22 Agustus 2024

Tak hanya itu, berikut adalah beberapa makanan khas Arab Saudi yang terkenal dan wajib dicoba:

1. Kabsa

Kabsa adalah hidangan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan lada hitam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daging seperti ayam, kambing, atau unta, dan dihiasi dengan kacang-kacangan dan kismis. Kabsa merupakan hidangan yang sangat populer di seluruh Arab Saudi dan sering dijadikan menu utama dalam acara-acara besar.

Baca Juga: Terbaru! Ini Jadwal KRL Solo Jogja Hari Kamis 22 Agustus 2024

2. Mandi

Mandi mirip dengan Kabsa, namun dengan perbedaan pada cara memasak dan jenis bumbu yang digunakan. Daging, biasanya kambing atau ayam, dimasak dengan cara dipanggang di dalam tanah menggunakan bara api, sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas. Nasi yang digunakan juga dimasak dengan kaldu daging, memberikan cita rasa yang kaya.

3. Mutabbaq

Mutabbaq adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tipis yang diisi dengan campuran daging cincang, bawang, dan rempah-rempah. Setelah diisi, adonan dilipat dan digoreng hingga renyah. Mutabbaq biasanya dijual di jalanan sebagai makanan ringan atau camilan yang bisa dinikmati kapan saja.

Baca Juga: Simak Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Terbaru Kamis 22 Agustus 2024 Turun Lagi

4. Samboosa

Samboosa adalah versi Arab dari samosa, yaitu kue goreng yang diisi dengan daging cincang, sayuran, atau keju. Makanan ini biasanya disajikan selama bulan Ramadhan sebagai hidangan pembuka puasa dan menjadi favorit di kalangan masyarakat Arab Saudi.

5. Jareesh

Jareesh adalah hidangan tradisional yang terbuat dari gandum yang dimasak dengan daging atau ayam dan rempah-rempah. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan sering dijadikan makanan utama dalam acara keluarga atau perayaan tertentu.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Kamis (22/8/2024) Antam, UBS, Galeri 24 Kompak Turun

6. Shawarma

Shawarma adalah hidangan populer yang dikenal di seluruh dunia, namun di Arab Saudi, shawarma memiliki rasa yang khas karena penggunaan rempah-rempah lokal. Daging yang digunakan bisa berupa ayam, domba, atau sapi, yang dimasak dengan cara dipanggang secara vertikal dan disajikan dengan roti pita serta saus tahini, hummus, atau yoghurt.

7. Areekah

Areekah adalah hidangan manis yang terbuat dari roti gandum yang diremukkan dan dicampur dengan madu, mentega, dan krim. Hidangan ini biasanya dinikmati sebagai sarapan atau makanan penutup, terutama di daerah selatan Arab Saudi.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Malaysia yang Menarik Untuk Dicoba

8. Ma'amoul

Ma'amoul adalah kue tradisional yang sering disajikan selama hari raya. Kue ini diisi dengan kurma, kacang-kacangan, atau kelapa, dan memiliki rasa yang manis dan lembut. Ma'amoul sering dinikmati bersama dengan secangkir teh atau kopi Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru