8 Nama Planet di Tata Surya, Urut dari yang Terdekat dengan Matahari Sampai Terjauh

Selasa, 19 April 2022 | 12:17 WIB   Penulis: Arif Budianto
8 Nama Planet di Tata Surya, Urut dari yang Terdekat dengan Matahari Sampai Terjauh

ILUSTRASI. Inilah 8 nama planet di tata surya kita, urut dari yang terdekat dengan Matahari sampai terjauh.


PLANET - Simak 8 nama planet di tata surya kita, urut dari yang terdekat dari Matahari sampai yang paling jauh. Merkurius menjadi planet yang terdekat dengan Matahari, sebaliknya Neptunus adalah yang terjauh.

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Objek atau benda langit yang terdapat di tata surya yang tidak boleh terlewat adalah planet. Ya, di tata surya kita terdapat empat planet yang masuk dalam bagian dalam dan empat planet lainnya bagian luar.

Meskipun pengetahuan tentang planet dan tata surya cukup umum, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih detail mengenai nama-nama planet  berdasarkan jarak dari Matahari.

Seberapa jauh jarak planet-planet di tata surya kita dengan Matahari? Berikut 8 nama planet, urut dari yang terdekat dari Matahari:

Planet di tata surya

Baca Juga: NASA Berencana Mengunjungi Asteroid Berpotensi Berbahaya yang Mencapai Bumi 2029

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Meskipun cukup dekat, jarak Merkurius-Matahari ternyata mencapai 57,9 juta km.

Planet terdekat dari Matahari ini juga merupakan yang terkecil, sekitar 0,055 massa Bumi. Fakta lainnya menyebutkan, Merkurius tidak memiliki satelit alami.

2. Venus

Plane ke-2 yang terdekat dari Matahari ini berukuran mirip Bumi, yakni 0,815 massa Bumi. Jarak antara Venus-Matahari adalah 108 juta km.

Meskipun Venus bukanlah yang paling dekat dengan Matahari, ternyata suhu di planet ini adalah yang terpanas.

Suhu di permukaan Venus dapat mencapai 400 derajat Celcius. Ini kemungkinan besar disebabkan jumlah gas rumah kaca yang terkandung di dalam atmosfer.

3. Bumi

Planet yang dihuni beragam makhluk hidup ini merupakan yang ke-3 terdekat dengan Matahari. Jarak antara Matahari-Bumi adalah 150 juta km.

Fakta tentang planet Bumi sepertinya sudah cukup umum diketahui. Termasuk satelit alami yang kita kenal dengan Bulan.

Baca Juga: 12 Nama Rasi Bintang yang Digunakan dalam Zodiak, Lengkap dengan Tanggalnya

4. Mars

Mars adalah planet ke-4 terdekat dari Matahari. Planet yang punya julukan Red Planet ini berjarak 228 juta km dari Matahari.

Warna merah planet Mars ini berasal dari karat tanahnya yang kaya akan besi. Mars juga punya satelit alami kecil yang bernama Deimos dan Fobos. Menariknya, satelit ini diduga merupakan asteroid yang terjebak gravitasi planet tersebut.

5. Jupiter

Planet raksasa ini merupakan yang ke-5 terdekat dari Matahari. Jarak antara Jupiter-Matahari adalah 779 juta km.

Jupiter juga memiliki satelit dengan jumlah yang saat ini diketahui 63. Empat satelit Jupiter yang terbesar bernama Ganimede, Kalisto, Io dan Europa.

Bahkan, satelit yang bernama Ganimede merupakan yang terbesar di tata surya kita, lebih besar dari planet Merkurius.

6. Saturnus

Saturnus merupakan satu-satunya planet yang paling mudah dikenali. Kenapa demikian? Sebab, planet ke-6 terdekat dari Matahari ini merupakan yang satu-satunya memiliki cincin. Jaraknya dengan Matahari mencapai 1.430 juta km.

Saturnus memiliki 60 satelit yang diketahui sampai saat ini, dan 3 yang belum dipastikan. Salah satu satelit Saturnus yang bernama Titan juga memiliki ukuran yang lebih besar dari Merkurius.

Baca Juga: Suhu Planet Neptunus Fluktuatif, Para Ilmuwan Kebingungan Mengapa Demikian

7. Uranus

Uranus merupakan planet terdekat ke-7 dari Matahari. Jarak antara Matahari-Uranus mencapai 2.880 juta km.

Fakta menarik dari Uranus ini adalah planet yang paling ringan di antara planet-planet luar.

Uranus memiliki 27 satelit yang telah diketahui, beberapa di antaranya yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda.

8. Neptunus

Neptunus adalah planet ke-8 terdekat yang sekaligus menjadi terjauh dari Matahari. Jarak antara Matahari-Neptunus adalah 4.500 juta km.

Karena jaraknya yang paling jauh dari Matahari, Neptunus mendapatkan gelar sebagai tempat terdingin di tata surya kita. Suhu terdingin di Neptunus diketahui mencapai minus 218 derajat Celcius. 

Neptunus juga punya satelit, sebanyak 13 yang diketahui saat ini. Planet terjauh dari Matahari ini juga didampingi beberapa planet minor pada orbitnya, yang disebut sebagai Tojan Neptunus.

Itulah 8 nama planet di tata surya kita, urut dari yang terdekat dari Matahari sampai yang terjauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru