8 Tempat Wisata di Cirebon yang Patut Dicoba, Pernah ke Keraton Kasepuhan?

Minggu, 23 Juni 2024 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Tempat Wisata di Cirebon yang Patut Dicoba, Pernah ke Keraton Kasepuhan?

ILUSTRASI. Sejumlah wisatawan mengunjungi kompleks Keraton Kasepuhan di Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (28/12). Keraton yang didirikan oleh Pangeran Walang Sungsang atau Cakrabuana pada 1430 tersebut merupakan keraton tertua dari empat keraton yang ada di Cirebon, sementara tiga keraton lainnya Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww/17.


WISATA - Simak rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang patut dicoba dan didatangi. Salah satu tempat wisata di Cirebon yang cukup menarik perhatian di antaranya Keraton Kasepuhan.

Cirebon, sebuah kota di pesisir utara Jawa Barat, memiliki banyak tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi saat liburan. Kota ini kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang memikat. 

Melansir dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Cirebon, Cirebon terletak di daerah pantai utara Propinsi Jawa Barat bagian timur. Dengan Letak geografis yang strategis, yang merupakan jalur utama transportasi dari Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, yang melalui daerah utara atau pantai utara (pantura). 

Baca Juga: Simak 26 Skuad Pemain Timnas Brasil dan Jadwal Bertanding di Copa America 2024

Letak tersebut menjadikan suatu keuntungan bagi Kota Cirebon, terutama dari segi perhubungan dan komunikasi.

Tak heran, Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang patut Anda kunjungi:

1. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah istana yang paling terkenal di Cirebon. Didirikan pada tahun 1529, tempat ini merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Keraton ini menampilkan arsitektur megah dengan pengaruh dari budaya Jawa, Sunda, dan Islam. Di dalamnya terdapat museum yang menyimpan berbagai artefak bersejarah, termasuk kereta kencana yang masih digunakan untuk acara-acara khusus.

Baca Juga: Promo Wisata Ancol Spesial HUT Ke-497 Jakarta, Catat Syarat dan Ketentuannya

2. Keraton Kanoman

Selain Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman juga menjadi daya tarik wisata utama di Cirebon. Didirikan pada tahun 1588, Keraton ini juga memiliki koleksi artefak sejarah dan budaya yang menarik. Pengunjung dapat melihat langsung peninggalan-peninggalan sejarah dan mendapatkan wawasan tentang kehidupan kerajaan di masa lalu.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid tertua di Cirebon yang didirikan oleh Wali Songo, sembilan wali penyebar agama Islam di Jawa. Masjid ini memiliki arsitektur khas dengan kombinasi gaya Hindu dan Islam. Salah satu daya tariknya adalah bedug besar yang konon dibuat dari kulit banteng.

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah situs bersejarah yang dibangun pada abad ke-17. Tempat ini dulunya digunakan oleh keluarga kerajaan sebagai tempat meditasi dan rekreasi. Gua-gua dan bangunan di sini memiliki arsitektur unik dengan ornamen batu yang indah. Taman Sari Gua Sunyaragi juga sering digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya.

Baca Juga: Simak Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Terbaru Juni 2024

5. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan adalah destinasi wisata pantai yang populer di Cirebon. Terletak tidak jauh dari pusat kota, pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berjemur, bermain pasir, atau sekadar bersantai menikmati angin laut.

6. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland merupakan taman rekreasi air yang cocok untuk liburan keluarga. Taman ini memiliki berbagai wahana air yang seru, seperti kolam renang, seluncuran air, dan lazy river. Selain itu, terdapat juga area bermain anak-anak dan restoran dengan pemandangan laut.

7. Batik Trusmi

Batik Trusmi adalah pusat kerajinan batik di Cirebon yang terkenal dengan motif-motif khasnya. Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli berbagai produk batik sebagai oleh-oleh. Tempat ini juga sering mengadakan workshop batik bagi yang ingin belajar membatik.

Baca Juga: Ada Lionel Messi, 26 Skuad Pemain Timnas Argentina dan Jadwal di Copa America 2024

8. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Tempat ini menjadi lokasi favorit untuk menikmati keindahan kota Cirebon dari ketinggian, terutama pada malam hari. Banyak kafe dan restoran di sekitar Bukit Gronggong yang menyediakan tempat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Selanjutnya: Bursa Saham AS: Indeks di Wall Street Berakhir Campur Aduk

Menarik Dibaca: 8 Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi, Mau Coba yang Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru