9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah dan Kantor, Cek Panduan Teknis Ini

Sabtu, 15 Juni 2024 | 11:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah dan Kantor, Cek Panduan Teknis Ini

ILUSTRASI. Jaringan WiFi di Rumah


INTERNET - JAKARTA. Simak panduan cara memperkuat sinyal wifi dengan mudah. Anda Memperkuat sinyal WiFi di rumah atau kantor Anda adalah langkah penting untuk memastikan konektivitas yang andal dan cepat di seluruh ruangan.

Di era digital saat ini, di mana hampir semua aktivitas sehari-hari bergantung pada internet, sehingga memiliki WiFi yang stabil menjadi kebutuhan utama.

Sinyal WiFi yang lemah atau tidak merata dapat menyebabkan frustrasi, mengganggu produktivitas, dan membatasi akses ke informasi yang dibutuhkan.

Beruntung, ada berbagai cara yang efektif untuk meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal WiFi, mulai dari penempatan router yang optimal hingga pemilihan perangkat keras yang tepat. 

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Menu WiFi Laptop Hilang atau Tidak Muncul bagi Pemula

Memperkuat sinyal WiFi

WiFi Router

Berikut ini informasi terkait cara memperkuat sinyal wifi yang dilansir dari laman Support Microsoft.

1. Pilih Lokasi yang Sentral

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah menempatkan router atau titik akses di lokasi yang sentral akan memberikan cakupan sinyal terbaik di seluruh bangunan.

Untuk bangunan bertingkat, jika router atau titik akses berada di lantai pertama, letakkan di rak yang tinggi untuk memberikan sinyal yang lebih kuat ke perangkat di lantai kedua.

Selain itu, keberadaan dinding, lantai, dan benda logam dapat mengganggu dan melemahkan sinyal nirkabel dari router. Tempatkan router Anda di lokasi yang minim obstruksi ini sebanyak mungkin.

2. Ganti Antena Router

Antena router biasanya bersifat omnidirectional, yang berarti mereka mengirimkan sinyal ke segala arah. Jika Anda menempatkan router dekat dinding luar, Anda akan mengirimkan sebagian sinyal nirkabel ke luar bangunan.

Banyak router memiliki antena yang dapat dilepas. Jika Anda mengganti antena omnidirectional dengan antena berdaya tinggi, Anda bisa mengarahkan sinyal nirkabel router ke arah yang diinginkan.

3. Kurangi Gangguan Nirkabel

Teknologi nirkabel yang paling umum, 802.11g (wireless-G), beroperasi pada frekuensi 2,4 gigahertz (GHz). Banyak perangkat elektronik nirkabel seperti telepon tanpa kabel, oven microwave, monitor bayi, dan pembuka pintu garasi menggunakan frekuensi yang sama.

Akibatnya, suara dari sinyal mereka dapat mengganggu koneksi antara perangkat Anda dan router.

Untuk mengurangi gangguan, beli telepon tanpa kabel dan perangkat lain yang menggunakan frekuensi 5,8 GHz atau 900 megahertz (MHz). Karena 802.11n (wireless-N) beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dan frekuensi 5,0 GHz yang lebih jarang digunakan, perangkat dengan GHz yang lebih tinggi ini mungkin menyebabkan gangguan jaringan yang lebih sedikit.

4. Ganti Adaptor Jaringan Berbasis Kartu

Sinyal jaringan nirkabel dikirim ke dan dari komputer Anda. Perangkat dengan jaringan nirkabel bawaan biasanya memiliki antena yang baik. Namun, kadang-kadang router dapat mengirimkan sinyal ke perangkat Anda, tetapi perangkat Anda tidak bisa mengirim sinyal kembali ke router.

Untuk mengatasi masalah ini, ganti adaptor jaringan nirkabel berbasis kartu dengan adaptor jaringan nirkabel USB yang menggunakan antena eksternal.

5. Tambahkan Repeater Nirkabel

Repeater nirkabel adalah perangkat yang memperkuat sinyal nirkabel dari router ke lantai lain atau sisi bangunan yang berlawanan. Anda dapat menempatkannya di mana saja ada stop kontak, tetapi carilah lokasi yang setengah jalan antara router, modem, atau titik akses dan perangkat Anda.

Anda perlu teliti sebelum membelinya, karena beberapa repeater nirkabel bisa sulit dikonfigurasi dan dapat menurunkan kinerja jaringan Anda.

6. Ganti Kanal Nirkabel Anda

Router nirkabel dapat menyiarkan pada beberapa kanal yang berbeda. Jika Anda mengalami gangguan, coba untuk mengganti kanal nirkabel router melalui halaman konfigurasi router, yang biasanya dapat ditemukan dengan membuka browser web dan mengetikkan alamat IP di bilah alamat.

Anda tidak perlu mengubah konfigurasi perangkat Anda, karena perangkat Anda dapat mendeteksi kanal baru secara otomatis.

7. Cek Firmware atau Driver Adaptor Jaringan

Produsen router secara rutin menawarkan pembaruan gratis. Kadang-kadang, pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja router Anda. Untuk mendapatkan pembaruan firmware terbaru untuk router Anda, kunjungi situs web produsen router Anda.

Vendor adaptor jaringan juga kadang-kadang memperbarui perangkat lunak atau driver yang digunakan Windows untuk berkomunikasi dengan adaptor jaringan Anda. Pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja dan keandalan. Anda bisa memeriksa situs web vendor untuk pembaruan atau mendaftar untuk buletin email untuk menerima pemberitahuan.

8. Pastikan Peralatan dari Satu Produsen

Meskipun router dan adaptor jaringan dari produsen yang berbeda dapat bekerja bersama, mereka mungkin bekerja lebih baik jika diproduksi oleh produsen yang sama.

Peningkatan ini bisa sangat membantu jika Anda menggunakan perangkat wireless-G untuk transmisi jarak jauh atau tinggal di rumah tua di mana dinding yang lebih tebal bisa menghalangi lebih banyak sinyal.

9. Upgrade Teknologi Terkini

Secara umum, saat membeli peralatan baru, pilihlah teknologi wireless-N. Meskipun wireless-G mungkin merupakan jaringan nirkabel yang paling umum, wireless-N setidaknya dua kali lebih cepat. Ini juga memiliki jangkauan dan stabilitas yang lebih baik.

Wireless-N kompatibel dengan 802.11a, 802.11b, dan 802.11g, yang berarti Anda masih dapat menggunakan peralatan nirkabel yang sudah dimiliki.

Namun, Anda tidak akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan hingga Anda meng-upgrade perangkat atau adaptor jaringan Anda ke wireless-N. Artinya, Anda perlu upgrade peralatan dari 802.11a, 802.11b, 802.11g ke 802.11n.

Anda juga bisa berkonsultasi ke penyedia internet rumah atau kantor terkait dengan tips dalam memperkuat sinyal dengan mudah.

Demikian informasi terkait cara memperkuat sinyal wifi dengan panduan teknis yang dapat dicoba sesuai kebutuhan.

Selanjutnya: Rahasia Hidup Lebih Bahagia, Wajib Terapkan 4 Kebiasaan Ini

Menarik Dibaca: Rahasia Hidup Lebih Bahagia, Wajib Terapkan 4 Kebiasaan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru