9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Loh

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:09 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Loh

ILUSTRASI. Meningkatkan nafsu makan adalah salah satu manfaat mengkonsumsi daun singkong.


KONTAN.CO.ID - Tidak hanya buahnya, daun singkong juga ternyata menyimpang banyak manfaat untuk kesehatan loh. Salah satunya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, daun singkong juga dikenal sebagai lalapan yang enak. 

Daun singkong mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran daun singkong menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Singkong merupakan tanaman yang memiliki jumlah kalori yang cukup. Dibandingkan dengan buahnya, daun singkong lebih bermanfaat. 

Baca Juga: Free Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTiKTok, Caranya Mudah dan Gratis

Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Protein yang terdapat dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Selain itu masih banyak nutrisi dan berbagai manfaat lainnya. 

Melansir dari Health Benefits Time, berikut manfaat daun singkong untuk kesehatan, di antaranya:

Baik untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi daun singkong baik untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan daun singkong mengandung zat besi yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari anemia. Selain itu, daun singkong juga kaya akan vitamin C. 

Mengobati Sakit Kepala
 
Tiga lembar daun singkong yang ditumbuk halus dapat membantu meredakan demam dan sakit kepala. Selain itu merebus daun singkong juga bisa Anda lakukan selain ditumbuk untuk mengatasi sakit kepala

Baca Juga: Membantu Melancarkan Pencernaan, Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Jambu Biji

Mengobati Diare

Manfaat daun singkong selanjutnya dipercaya dapat mengobati diare. Rebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Cairan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare. 

Meningkatkan Nafsu Makan

Mengkonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Bagian dari singkong seperti batang dan umbinya juga dianggap sebagai obat tradisional. Daun singkong membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

Baca Juga: Mampu Mengontrol Diabetes, Ini 9 Manfaat Mengkonsumsi Jagung

Mengobati Luka

Ekstrak daun singkong juga mempunyai manfaat yang bisa mengobati luka dan sekaligus nanah. Pasalnya, ekstrak daun singkong mengandung banyak nutrisi yang baik jika dioleskan langsung ke bagian luka.

Mencegah Tanda Penuaan

Tahukah Anda daun singkong mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini? Hal tersebut dikarenakan daun singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah lipatan kulit dan tanda penuaan lainnya.

Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi daun singkong juga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Campurkan 25 gram kencur, 100 gram singkong dan 5 butir biji angco dengan air secukupnya untuk membantu meningkatkan stamina.

Baca Juga: Catat! 6 Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin K, Apa Saja?

Membantu Mengobati Rematik

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi yang bermanfaat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menghilangkan risiko penyakit rematik. 

Bisa dibuat dengan merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam. Itu harus direbus sampai kira-kira 400 cc. Mengkonsumsi cairan ini setiap hari mencegah penyakit rematik.

Menjngkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong mengandung banyak vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tersebut membantu menghancurkan bakteri dan virus. 

Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang serta antioksidan yang terkandung dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru