9 Mobil Bekas MPV yang Cocok untuk Mudik Lebaran 2024

Rabu, 20 Maret 2024 | 16:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
9 Mobil Bekas MPV yang Cocok untuk Mudik Lebaran 2024


RAMADAN - JAKARTA. Simak daftar mobil bekas MPV untuk mudik lebaran yang kian beragam. Mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) menjadi pilihan yang populer di kalangan konsumen Indonesia.

Kendaraan ini terkenal dengan kelapangan, nyaman, dan dapat menampung anggota keluarga serta barang bawaan dengan mudah.

Dengan beragam pilihan merek dan model, pasar mobil bekas MPV menawarkan fleksibilitas dan nilai yang menarik bagi para pembeli.

Dari Toyota Avanza yang andal hingga Suzuki Ertiga yang efisien, setiap mobil MPV bekas memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri, memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda pelru mempertimbangkan untuk memastikan kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas.

Baca Juga: Cara Mengatahui Mobil Bekas Banjir dengan 7 Tanda Ini

Permintaan Mobil Bekas

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Tentukan Anggaran: Tentukan anggaran yang tersedia untuk membeli mobil bekas MPV. Pastikan untuk mempertimbangkan tidak hanya harga pembelian kendaraan, tetapi juga biaya perawatan dan perbaikan yang mungkin diperlukan.
  • Lakukan Penelitian: Telusuri berbagai merek dan model mobil MPV bekas yang tersedia di pasar. Cari informasi tentang performa, keandalan, dan biaya perawatan dari berbagai sumber, seperti internet, forum otomotif, dan ulasan konsumen.
  • Tentukan Kebutuhan: Pertimbangkan kebutuhan Anda dan keluarga dalam menggunakan mobil MPV. Pertimbangkan jumlah penumpang yang akan sering dibawa, kebutuhan ruang bagasi untuk barang bawaan, dan fitur-fitur kenyamanan yang diinginkan.
  • Periksa Kondisi Kendaraan: Saat melihat mobil bekas MPV, pastikan untuk memeriksa kondisi fisik dan mekanisnya secara menyeluruh. Periksa keausan pada kabin, eksterior, dan mesin. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan atau masalah mekanis yang perlu diperbaiki.
  • Mintai Riwayat Perawatan: Mintalah riwayat perawatan dan servis kendaraan kepada penjual. Informasi ini akan memberi Anda gambaran tentang bagaimana kendaraan tersebut diurus dan apakah pernah mengalami masalah yang serius.
  • Lakukan Uji Jalan: Sebelum memutuskan untuk membeli, lakukan uji jalan untuk menguji performa kendaraan di jalan. Perhatikan bagaimana kendaraan merespons, kenyamanan dalam berkendara, dan apakah ada suara atau getaran yang tidak wajar.
  • Periksa Dokumen Kendaraan: Pastikan semua dokumen kendaraan, seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian, lengkap dan sesuai. Periksa juga apakah kendaraan tersebut bebas dari masalah hukum, seperti status kepemilikan yang jelas dan tidak terkait dengan kasus pencurian atau kecelakaan.

Untuk itu telusuri lebih jauh rekomendasi mobil bekas MPV yang mendominasi jalanan Indonesia, terlebih untuk mudik lebaran nanti.

Baca Juga: Tak Perlu Mahal, Ini Mobil Bekas Mewah dari Honda, BMW, dan Mercy Tahun 2024

1. Toyota Avanza

Mobil bekas Toyota Avanza ini memiliki mesin dengan 2 varian yakni 1.3L atau 1.5L. MPV populer dengan desain elegan dan fleksibel, cocok untuk penggunaan sehari-hari dan keluarga.

Harga bekas varian 2018-2022 mulai dari Rp 150 juta - Rp 250 juta

2. Daihatsu Xenia

Nah, untuk saudara dari Avanza, Xenia dibekali mesin lebih kecil dengan kapasitas 1.0L atau 1.3L. Varian MPV dari Daihatsu ini terjangkau dengan dimensi kompak, menawarkan ruang interior yang luas dan nyaman.

Nah, daftar harga bekas mobil bekas untuk Xenia keluaran 2020-2023 mulai dari Rp 120 juta - Rp 200 juta di tahun 2024.

3. Suzuki Ertiga

Berpindah ke merek asal Jepang, Suzuki Ertiga merupakan MPV yang juga sempat dirilisa dalam dua varian mesin 1.4L atau 1.5L.

MPV kompak populer dengan desain modern, ruang kabin luas, dan efisiensi bahan bakar yang baik. Nah, harga bekas 2020-2023 dari Rp 140 juta - Rp 220 juta.

4. Honda Mobilio

Varian Honda Mobilio juga menjadi salah satu MPV dengan gaya dinamis dan performa responsif. Dilengkapi fitur canggih dan ruang kabin luas, cocok untuk perjalanan keluarga.

Mesin Mobilio juga sudah dibekali kapasitas 1.5L yang tentu istimewa keluaran dari Honda. Adapun, mobil bekas Mobilio untuk keluaran 2020-2023 tercatat mulai dari Rp 150 juta - Rp 230 juta.

5. Mitsubishi Xpander

Nah, varian Mitsubishi Xpander memiliki mesin berkapasitas 1.5L dengan tenaga khas Mitsubishi. Spesifikasi MPV ini cukup stylish dengan desain aerodinamis dan fitur canggih. Menawarkan kenyamanan dan performa yang baik.

Adapun, mobil bekas varian 2020-2023 dibanderol di pasar mobkas senilai Rp 160 juta hingga Rp 240 jutaan.

6. Nissan Grand Livina

Nah, bagi yang ingin mencari MPV dari Nissan maka bisa melirik varian Grand Livin dnegan kapasitas mesin 1.5L. Spesifikasi singkat: MPV luas dan nyaman dengan desain elegan. Dilengkapi fitur keselamatan canggih, pilihan baik untuk keluarga untuk varian tertentu.

Harga mobil bekas dari Nissan Grand Livina mulai dari Rp 100 juta - Rp 200 juta untuk rilisan 2015-2019

7. Daihatsu Gran Max

Nah, salah satu MPV paling ergonomis adalah Gran Max karena bisa menampung lebih banyak penumpang dari MPV sejenis.

Mesin Gran Max juga sempat dirilis dalam dua varian yakni bensin 1.3L atau 1.5L. MPV tangguh dan handal untuk kebutuhan bisnis dan keluarga.

Dari sisi desain fungsional dan performa baik, cocok untuk penggunaan sehari-hari dan berbisnis. Terlebih lagi, bagi Anda yang ingin mudik Lebaran bisa memilih varian ini.

Adapun, mobil bekas Gran Max kini dibanderol mulai Rp 100 juta - Rp 180 juta untuk keluaran 2017-2020.

8. Suzuki APV

Nah, untuk Suzuki APV merupakan MPV dengan mesin Bensin berkapasitas 1.5L. MPV dengan desain sederhana namun fungsional. Dikenal karena keandalannya, pilihan baik untuk penggunaan harian dan bisnis.

Adapun, harga mobil bekas keluaran tahun 2020-2023 mencapai angka Rp 100 juta - Rp 170 juta.

9. Mitsubishi Grandis

Mesin MPV ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.4L. MPV premium dengan desain elegan dan mewah. Dilengkapi fitur canggih dan ruang kabin luas, cocok untuk keluarga yang menginginkan kemewahan dan kenyamanan.

Harga bekas MPV ini untuk keluaran 2008-2011 ini cukup murah karena sudah menyentuh angka Rp 85 juta - Rp 120 juta.

Demikian informasi terkait rekomendasi mobil bekas MPV yang cocok untuk mudik lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru