Acer Smart School Awards 2021 Umumkan Pemenang untuk Sekolah dan Tenaga Pendidik

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:44 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Acer Smart School Awards 2021 Umumkan Pemenang untuk Sekolah dan Tenaga Pendidik

ILUSTRASI. Sekolah di Papua gunakan teknologi. Acer Smart School Awards 2021 Umumkan Pemenang untuk Sekolah dan Tenaga Pendidik.


PENDIDIKAN -  JAKARTA. Penghargaan berskala nasional Acer Smart School Awards 2021 mengumumkan para pemenang, yang diberikan kepada sekolah dan tenaga pendidik yang berhasil menerapkan dan menjadi inspirasi transformasi digital di dunia pendidikan. 

Para pemenang dinilai telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama untuk masing-masing kategori mulai dari kategori “School of The Year”, “Kepala Sekolah Inspiratif”, dan “Guru Kreatif” . 

Pada kesempatan tersebut, Acer juga memberikan penghargaan Special Mention kepada sekolah SMP Negeri Buti, Merauke dan SMP Kristen Kalam Kudus, Solo, yang telah berani melakukan terobosan teknologi untuk menjadi sekolah yang lebih baik.

Presiden Direktur Acer Indonesia,  Herbet Ang, mengatakan, Acer berkomitmen untuk menjadi enabler bagi dunia pendidikan untuk dapat mengimplementasikan teknologi dalam proses belajar termasuk mendukung integrasi teknologi dalam interaksi antara guru, siswa, dan orangtua.

Baca Juga: Pecahkan Rekor MURI, Erajaya (ERAA) Resmikan 38 Outlet Secara Serentak

"Melalui Acer Smart School Awards 2021, kami yakin masing-masing pihak akan mendapatkan manfaat positif untuk mendorong metode pembelajaran yang lebih baik di sekolahnya masing-masing,” ujar Herbet Ang, dalam siaran pers, Kamis (20/1).

Sebanyak 2.165 sekolah dari sejumlah daerah di Indonesia telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Acer juga memberikan pelatihan dan pendampingan khusus selama kompetisi berlangsung, termasuk menghadirkan para juri yang memiliki latar belakang dan keahlian di bidang pendidikan. 

Dewan Juri Acer Smart School Awards 2021 yang diketuai Ricardus Eko Indrajit, menilai para pemenang telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama yakni memiliki nilai e-leadership, menjadikan teknologi sebagai sumber daya pembelajaran yang mendukung tujuan kurikulum, peran sekolah dalam hal keselamatan dan keamanan siswa, kesiapan SDM, keterlibatan orang tua, proses evaluasi dan pengembangan kemampuan TIK siswa, hingga pandangan sekolah yang luas dan terkoordinasi dalam penggunaan teknologi di sekolah.

Baca Juga: Kemnaker adakan pelatihan Vokasi Award 2021

Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 juga merupakan bentuk partisipasi Acer dalam mendukung program Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar. Program ini dibuat salah satunya agar sumber ilmu yang dilihat bukan sebatas pada ruang kelas saja, tetapi bisa di luar kelas, seperti online learning, internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar.

“Penghargaan Acer Smart School Award 2021 dapat menjadi contoh program empowerment bagi seluruh sekolah dan para tenaga pendidik di Indonesia untuk senantiasa memberikan pendidikan berkualitas melalui berbagai macam terobosan dan inovasi teknologi. Saya percaya bahwa transformasi digital dalam dunia pendidikan Indonesia adalah inovasi yang dapat memberikan makna dan tujuan bersama, yaitu pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Jumeri, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbudristek.

Acer Smart School Awards 2021 diberikan kepada 14 sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia, dalam lingkup SD, SMP, SMA, dan SMK. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah seperti kelas percontohan digital, laptop, dan uang tunai dengan total hadiah senilai lebih dari Rp 500 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru