Ada 10 Produk Apple yang Penjualannya Disetop, Cek Daftarnya

Rabu, 11 September 2024 | 04:30 WIB Sumber: Kompas.com
Ada 10 Produk Apple yang Penjualannya Disetop, Cek Daftarnya

ILUSTRASI. Apple juga berencana menyetop produksi dan penjualan puluhan seri iPhone sebelumnya, seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.


APPLE - Perusahaan teknologi multinasional, Apple akan meluncurkan produk iPhone seri terbaru, yaitu iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hari ini, Selasa (10/9/2024). 

Bersamaan dengan itu, Apple juga berencana menyetop produksi dan penjualan puluhan seri iPhone sebelumnya, seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. 

Penghentian sejumlah produk seri lama bukan hal baru bagi perusahaan raksasa teknologi ini. Selama beberapa tahun terakhir, Apple kerap menyetop produksi iPhone premium, dimulai dengan peluncuran iPhone XS dan XR pada tahun 2018. 

Bahkan saat peluncuran iPhone 15, Apple menghentikan produksi iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. 

Tahun ini, tradisi yang sama juga akan kembali dilakukan. 

Alasan Apple hentikan produksi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max 

Diberitakan India Today, Apple menghentikan produksi 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max untuk mendorong penjualan produk generasi terbaru. 

Apple membantah penghentian penjualan beberapa iPhone seri Pro itu karena tidak kompatibel. iPhone 15 Pro disetop produksinya hanya untuk memberi jalan bagi penjualan seri terbaru. 

Baca Juga: Apple Diperintahkan Membayar Pajak Sebesar US$4,35 Miliar oleh Pengadilan Uni Eropa

Jika dibandingkan, secara spesifikasi, iPhone 16 Pro generasi baru memang lebih kuat dibanding seri sebelumnya. 

Produk iPhone seri Pro pertama dilengkapi dengan rangka titanium yang menawarkan bentuk yang lebih ringan dan lebih tahan lama dibandingkan dengan pendahulunya yang terbuat dari baja tahan karat. 

Model iPhone 15 Pro juga memperkenalkan palet warna yang segar, termasuk Blue Titanium yang mendapat respons yang cukup positif dari pengguna. 

Namun, dengan diluncurkannya iPhone 16 Pro ini diharapkan memiliki layar yang lebih besar, chip A18 Pro yang berfokus pada AI, dan elemen desain baru. 

Meski peluncuran iPhone 16 Pro bakal menyetop produksi iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max, Apple memastikan bahwa seri gawai tersebut tidak hilang begitu saja. 

Apple berjanji bakal menyediakan pembaruan perangkat lunak dan dukungan untuk perangkat iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max dan memastikannya tetap berfungsi dengan aman selama bertahun-tahun mendatang. 

Namun, berkaca dengan tindakan Apple menghapus halaman produk iPhone 14 Pro dengan peluncuran iPhone 15, hal yang sama mungkin akan terjadi ketika Apple meluncurkan produk iPhone 16 Pro. 

Baca Juga: Harga iPhone 15 di iBox Resmi Turun, Simak Daftar Lengkapnya

Daftar perangkat iPhone yang dihentikan penjualannya 

Dilansir dari Hi Tech, berikut daftar seri iPhone yang kemungkinan akan dihentikan produksinya bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max pada September 2024: 

1. iPhone 15 Pro 
2. iPhone 15 Pro Max 
3. iPhone 14 Plus 
4. iPhone 13 
5. Apple Watch Series 9 
6. Apple Watch Ultra 2 
7. Apple Watch SE 2 
8. AirPods 2 dan AirPods 3 
9. iPad mini 6 
10. iPad 10. 

Meski dihentikan, masyarakat masih bisa membeli iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max selagi stok perangkat tersebut masih dijual di pengecer pihak ketiga, seperti platform e-commerce dan gerai toko elektronik. 

Bagi masyarakat yang masih tertarik memiliki iPhone 15 Pro atau Pro Max, akan ada peluang untuk membelinya dengan harga yang lebih murah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar 10 Produk Apple yang Disetop Penjualannya, Ada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru