Ada Aplikasi Signal dan Telegram Palsu! Uninstall dari HP Android Anda Kalau Mau Aman

Selasa, 05 September 2023 | 10:39 WIB Sumber: Phone Arena
Ada Aplikasi Signal dan Telegram Palsu! Uninstall dari HP Android Anda Kalau Mau Aman

ILUSTRASI. Ada Aplikasi Signal dan Telegram Palsu! Uninstall dari HP Android Anda Kalau Mau Aman


APLIKASI ANDROID - Ada aplikasi Signal dan Telegram palsu! Uninstall dari HP Android Anda kalau mau aman. Aplikasi Signal dan Telegram palsu di HP Android ini disusupi malware yang dapat mencuri informasi pengguna.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak aplikasi Android yang dapat Anda temukan di toko aplikasi. Baik aplikasi untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari, berkomunikasi atau bahkan game bisa Anda temukan di toko aplikasi.

Sayangnya, tidak semua aplikasi di HP Android ini aman. Begitu pula dengan aplikasi yang ditengarai merupakan malware, menyamar menjadi aplikasi Telegram dan Signa.

Jika Anda mungkin mengira aplikasi yang bernama Signal Plus Messenger dan FlyGram adalah aplikasi yang sama dengan Signal maupun Telgeram, hapus atau uninstall segera kalu mau aman.

Dilansir dari dari PhoneArena, situs BGR mengungkapkan bahwa aplikasi Signal Plus Messenger dan FlyGram dapat mengirimkan malware ke HP Android yang terpasang aplikasi tersebut.

Perusahaan keamanan siber asal Slovakia, yaitu ESET menambahkan bahwa pada dasarnya kedua aplikasi ini adalah Signal dan Telegram yang mengirimkan malware ke ponsel pintar korban.

Sementara itu, Google melabeli kedua aplikasi tersebut sebagai aplikasi yang berniat jahat mencuri data pribadi pengguna.

Baca Juga: Link Download WhatsApp Mac Update Terkini, Tampilan Baru dan Fitur Panggilan Grup

chat Telegram

Peneliti dari ESET menambahkan bahwa aplikasi Telegram palsu dapat menyita informasi dasar perangkat dari ponsel yang memasang aplikasi tersebut. Data sensitif termasuk daftar kontak, akun Google dan riwayat panggilan menjadi incaran malware jahat itu.

Para peneliti tersebut juga mengatakan bahwa aplikasi Telegram palsu itu memiliki fitur yang akan mencadangkan data aplikasi ke server jarak jauh yang dikendalikan oleh penyerang.

Sementara itu, aplikasi Signal Plus Messenger dapat memantau pesan yang dikirim dan diterima, sehingga penyerang dapat membaca pesan-pesan tersebut.

Mirisnya, kedua aplikasi tersebut sempat diunduh atau didownload oleh pengguna sekitar 100 kali sebelum Google menghapusnya. Sedangkan FlyGram yang juga dibuat oleh grup yang sama telah dihapus pada tahun 2021.

TECH-SIGNAL/

Baca Juga: Fitur WhatsApp Channel Kini Sudah Tersedia, Ini Penjelasan dan Kegunaannya

Kendati demikian, kedua aplikasi tersebut masih be rtebaran di situs atau web pihak ketiga tempat download aplikasi serta tersedia juga di toko aplikasi Samsung, yaitu Galaxy Store.

Untuk mengamankan HP Android Anda dari aplikasi berbahaya ini, coba cek apakah menemukan aplikasi bernama Singal Plus Messenger atau FlyGram?

Jika kedua aplikasi tersebut muncul di layar HP Anda, segera uninstall atau hapus sekarang juga. Cek juga akun Telegram dan Signal Anda apakah muncul kontak yang tidak dikenal atau tidak.

Jika iya, hapus dari daftar kontak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai peringatatan sekaligus pengingat, pastikan Anda selalu download dan menggunakan aplikasi yang tersedia di toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store misalnya.

Jangan mudah tergiur aplikasi yang menawarkan fitur tambahan atau mod yang tidak resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru