Ada bahaya mengintai di gerbang tol, jangan salah pilih pintu tol

Selasa, 25 Mei 2021 | 07:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ada bahaya mengintai di gerbang tol, jangan salah pilih pintu tol

ILUSTRASI. Ilustrasi antrian mobil di gerbang tol. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.


JALAN TOL - JAKARTA. Akun Instagram @dashcam Indonesia beberapa waktu lalu mengunggah sebuah video yang memperlihatkan truk ditabrak kontainer di pintu tol. Tidak ada keterangan di mana kejadian ini terjadi dan apa penyebab truk kontainer yang tidak berhenti dengan baik. 

Namun, belajar dari kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kasus tabrak belakang seperti ini bisa dihindari dengan memerhatikan beberapa hal. 

"Pertama jangan salah mengambil gerbang untuk kendaraan besar. Karena risiko akibat tertabrak bisa fatal," kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Walaupun kecepatannya rendah, tetap saja momentum dan beban yang dibawa truk itu besar, efeknya tetap akan merusak kendaraan. Belum lagi jika truk dalam kecepatan tinggi dan mengalami rem blong, dampaknya tentu akan lebih mematikan. 

Baca Juga: Jasa Marga catat 427 ribu kendaraan kembali ke Jabotabek pada akhir pekan terakhir

"Kedua, dari jauh pilih gerbang tol yang sepi agar tidak terjebak antrean," ucap Sony. 

Dengan gerbang yang sepi, tentu bisa terhindar dari kejadian tabrak belakang. Kemudian ketiga, jangan berlama-lama setelah membayar tol, segera jalan agar terhindar dari kendaraan yang mengalami rem blong dari belakang. 

 

"Keempat, ketika harus menunggu atau antre, jangan lupa selalu lihat kaca spion belakang dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan," ucapnya. 

Melihat kaca spion belakang berguna agar bisa tahu kondisi kendaraan lain di belakang. Kemudian jika terlihat ada tanda-tanda kendaraan yang mengalami rem blong, bisa pindah gerbang tol untuk menghindar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Ada Bahaya Mengintai di Gerbang Tol, Jangan Salah Pilih Pintu"
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Agung Kurniawan

 

Selanjutnya: Pulang ke Jakarta pasca Lebaran 2021 bakal diperketat, ini informasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru