Ada Hotel Bintang 1 Sampai 5, Ini Perbedaan Masing-Masing Rating Hotel Berbintang

Kamis, 28 Desember 2023 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ada Hotel Bintang 1 Sampai 5, Ini Perbedaan Masing-Masing Rating Hotel Berbintang

ILUSTRASI. Ada Hotel Bintang 1 Sampai 5, Ini Perbedaan Masing-Masing Rating Hotel Berbintang.


WISATA -  Anda pasti sudah sering mendengar rating hotel dengan jumlah bintangnya. Semakin tinggi bintang hotel tersebut maka semakin mewah kamar hingga pelayanannya. 

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang banyak dipilih oleh para wisatawan. Bahkan banyak hotel yang juga menyediakan conference room dan ball room yang bisa disewa untuk seminar hingga perjalanan dinas. 

Hotel dengan bintang 1 tentu berbeda dengan hotel bintang 5, baik dari segi jumlah kamar, fasilitas, hingga harga sewa kamar per malamnya. 

Tingkatan atau rating tertinggi hotel adalah hotel bintang 5. Hotel dengan rating tersebut biasanya memiliki fasilitas, kamar, hingga pelayanan yang eksklusif. 

Baca Juga: 50 Quotes Tahun Baru 2024 dalam Bahasa Inggris & Artinya, Pas Dipajang di Sosmed

Bersumber dari situs Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek (28/12), rating bintang pada hotel tersebut merupakan penilaian pada fasilitas dasar dan pelayanan dari sebuah hotel. 

Artinya, belum tentu hotel berbintang rendah memiliki pelayanan yang buruk sehingga tidak layak dikunjungi. Namun, memang hotel dengan bintang di bawah 5 fasilitas dasar yang ditawarkan lebih terbatas. 

Berikut ini perbedaan hotel berbintang 1 sampai 5 yang perlu dipahami wisatawan sebelum booking kamar hotel.  

Hotel bintang 1

Bintang 1 merupakan rating terendah dari hotel. Hotel dengan bintang 1 adalah hotel yang memiliki jumlah kamar tipe standar dengan jumlah kamar minimal 15 unit. 

Kamar mandi untuk hotel berbintang 1 umumnya sudah berada di kamar namun tidak semua hotel menyediakan fasilitas air conditioner (AC) pada kamar. 

Hotel dengan rating 1 biasanya juga tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus mencari makanan di luar hotel.

Hotel tipe ini umumnya memiliki satu jenis atau tipe kamar, berbeda dengan hotel berbintang yang tinggi. 

Hotel bintang 1 bisa menjadi pilihan bagi para backpacker atau mereka yang hanya perlu tempat istirahat di malam hari. 

Hotel bintang 2

Setiap kamar di hotel bintang 2 biasanya akan dilengkapi dengan telepon dan televisi. Untuk jumlah kamar, hotel ini biasanya memiliki kamar tipe standar minimal 20 unit dengan luas kamar minimal 22 meter persegi.

Pada umumnya hotel bintang 2 juga dilengkapi dengan sarana olahraga dan memiliki lobi meski tidak terlalu besar atau luas.  

Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan sarana pengamanan yang lebih memadai dari hotel bintang 1. 

Baca Juga: 15 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru 2024 di Berbagai Negara di Dunia

Hotel bintang 3

Rating selanjutnya untuk hotel adalah bintang 3. Hotel yang masuk dalam kategori ini memiliki jumlah kamar standar minimal 30 kamar. 

Pada hotel bintang 3 juga sudah memiliki kamar tipe suite yang jumlahnya minimal 2 unit. Hotel ini sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi dan bar untuk pengunjung.

Tersedia juga fasilitas restoran yang menghidangkan makanan untuk pagi dan siang hari. Untuk fasilitas parkir, hotel bintang 3 menyediakan jasa valey parking bagi pengunjung yang membutuhkan. 

Hotel bintang 4

Hotel dengan rating bintang 4 memiliki jumlah minimal kamar yang cukup banyak yakni kamar tipe standar minimal 50 kamar, dan tipe suite minimal 3 kamar. 

Pada hotel jenis ini, juga sudah memiliki kamar mandi dalam dengan pilihan air dingin dan air panas.

Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang yang cukup luas untuk fasilitas olahraga dan juga lobi yang juga luas. 

Staf yang melayani di hotel bintang 4 tentu lebih profesional di bidangnya sehingga pelayanan yang diberikan lebih baik. 

Hotel bintang 5

Hotel bintang 5 memiliki kamar tipe standar minimal 100 unit, dan menyediakan kamar tipe suite minimal 4 kamar. 

Standar pelayanan pada hotel ini sangat tinggi dan memiliki layanan multi-bahasa hingga pengamanan yang lebih ketat. Dengan fasilitas nomor 1, tentu harga sewa kamar per malamnya juga tinggi. 

Beberapa hotel bintang 5 bahkan mematok harga ratusan ribu hingga jutaan bahkan belasan juta per malam tergantung dengan jenis kamar.

Hotel bintang 5, menyediakan welcome drink dan daftar minuman beralkohol seperti wine bagi para tamunya. Fasilitas restorannya juga sudah 24 jam dan makanan dapat dikirim langsung ke kamar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru