Ada Malware Berbahaya, 5 Aplikasi Android ini Minta Update Lewat Play Store Palsu

Jumat, 04 November 2022 | 11:36 WIB Sumber: Phone Arena
Ada Malware Berbahaya, 5 Aplikasi Android ini Minta Update Lewat Play Store Palsu

ILUSTRASI. Ada Malware Berbahaya, 5 Aplikasi Android ini Minta Update Lewat Play Store Palsu


MALWARE - Hati-hati ada malware berbahaya, 5 aplikasi Android ini meminta pengguna update lewat Play Store palsu. Dilaporkan bahwa malware tersebut membahayakan pengguna HP Android, bahkan dapat mengambil informasi perbankan hingga data pribadi lainnya.

Beberapa watu lalu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, yakni Threat Fabric memperingatkan pengguna HP Android tentang Trojan perbankan baru yang dirancang untuk mencuri info masuk, nomor rekening, dan informasi keuangan lainnya yang mungkin membantui mengambil tabungan Anda.

Dikutip dari Phone Arenamalware Trojan ini menyergap pengguna dengan berpura-pura sebagai aplikasi yang terlihat resmi.

Menurut laporan Phone ArenaTrojan perbankan baru ini disebut sebagai Sharkbot dan satu malware dropper yang diklaim sebagai aplikasi untuk membantu pengguna menghitung pajak yang umum digunakan di Italia. Berpura-pura menjadi aplikasi bernama "Codice Fiscale", aplikasi tersebut menampilkan informasi bak tampilan yang ada di Play Store.

Malware Android menampilkan halaman palsu mirip Play Store

Informasi yang tampak seperti halaman Play Store tersebut bila dilihat sekilas tidak ada bedanya dengan yang asli. Namun demikian, perhatikan lagi di bagian atas, Anda dapat melihat URL sebuah website yang alamatnya mencurigakan.

Apabila dibuka di HP Android, aplikaksi akan memeriksa negara tempat kartu SIM didaftarkan. Jika tidak cocok dengan kode negara Italia, tidak ada perilaku jahat yang mengancam pengguna HP Android itu sendiri.

Baca Juga: Google Play Games, Cara Main Game Android di Laptop dan Spesifikasi Minimum

Pengguna HP Android di luar Italia mungkin dapat merasa lega dengan hal tersebut, namun yang namanya malware tetap saja membahayakan pengguna.

Halaman Play Store palsu yang dibuka tersebut akan menampilkan informasi bahwa update atau pembaruan aplikasi "Codice Fiscale" telah tersedia. Miris, apa yang sebenarnya dimuat di HP Android adalah Trojan perbankan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Selain aplikasi bernama Codice Fiscale, dilaporkan bahwa ada aplikasi lainnya yang juga beredar di negara lainnya, termasuk di Amerika Serikat, Inggris, Austria, Australia, Italia, Jerman, Spanyol, dan Polandia. Malware lainnya yang diketahui bernama Vultur.

Malware jenis ini dapat melacak semua ketukan dan gerakan oleh pengguna HP Android. Mirip dengan Sharkbot, taktik ini menggunakan pembaruan palsu untuk menyuntikkan malware di HP Android korban.

Setidaknya ada 5 aplikasi Android yang diketahui memuat malware di dalamnya, seperti berikut ini.

Baca Juga: Link Download Stumble Guys 0.42 Apk Versi Terbaru November 2022 untuk Android dan iOS

5 Aplikasi Android yang dilaporkan memuat malware di dalamnya:

  • Recover Audio, Images & Videos - 100.000 downloads
  • Codice Fiscale 2022 - 10.000 downloads
  • Zetter AUthentication - 10.000 downloads
  • File Manager Small, Lite - 1.000 downloads
  • My Finances Tracker - 1.000 downloads

Beberapa aplikasi Android di atas mungkin tidak Anda temukan di Play Store. Jika Anda menemukan salah satunya di HP Android Anda segeralah hapus atau uninstall.

Untuk mencegah malware atau aplikasi yang tidak diinginkan terpasang di HP Anda, pastikan selalu membaca ulasan dan rating aplikasi di Play Store sebelum download.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru