Ada Masalah pada Klip Penahan Trim, Ford Recall 2,24 Juta Mobil SUV Ford Explorer

Kamis, 25 Januari 2024 | 07:15 WIB Sumber: Reuters
Ada Masalah pada Klip Penahan Trim, Ford Recall 2,24 Juta Mobil SUV Ford Explorer

ILUSTRASI. The Ford logo is pictured at the 2019 Frankfurt Motor Show (IAA) in Frankfurt, Germany. REUTERS/Wolfgang Rattay


INDUSTRI OTOMOTIF - WASHINGTON. Ford Motor recall atau menarik kembali 2,24 juta seri sport utility vehicles (SUV) Explorer di seluruh dunia. Dikarena masalah pada klip penahan trim yang mungkin tidak terpasang dengan benar.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengatakan, penarikan kembali tersebut mencakup 1,89 juta SUV di Amerika Serikat (AS) dan untuk kendaraan model tahun 2011 hingga 2019 karena trimnya dapat terlepas.

Baca Juga: Amerika Serikat Menarik Kapal Induk USS Gerald R. Ford dari Timur Tengah

Ford mengatakan, pihaknya tidak mengetahui adanya laporan kecelakaan atau cedera terkait recall tersebut.

Dealer akan memeriksa dan mengganti trim pilar A jika diperlukan. Pilar A pada mobil adalah bagian logam yang menopang kaca depan. Ford berhenti menggunakan suku cadang tersebut pada tahun 2019.

Ford memperkirakan, 5% populasi kendaraan akan terkena dampaknya. Pemilik kendaraan yang terkena dampak mungkin melihat celah di sekitar trim pilar A yang longgar atau mendeteksi suara derak atau suara angin berlebihan dari area pilar A.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa mereka pertama kali menerima penyelidikan informal dari NHTSA pada tahun 2018 terkait pelepasan suku cadang trim pilar A eksterior pada kendaraan Explorer 2012-2014.

Baca Juga: Ford Motor Menyetor Modal ke Perusahaan Asosiasi Vale Indonesia (INCO)

Ford mengatakan bahwa pada tahun 2018, mereka memutuskan bahwa masalah tersebut tidak menimbulkan risiko yang tidak masuk akal terhadap keselamatan.

Pada tahun 2021, mereka membuka kembali peninjauan atas masalah tersebut tetapi sekali lagi memutuskan bahwa tidak diperlukan penarikan kembali.

 

Pada bulan Februari 2023, NHTSA membuka penyelidikan awal untuk meninjau masalah tersebut dan pada bulan Agustus, Ford menerima penyelidikan dari Transport Canada mengenai masalah yang sama.

 

NHTSA mengatakan kepada Ford bahwa pelepasan trim saat mengemudi dapat menimbulkan bahaya keselamatan jalan bagi kendaraan lain.

 

Ford mengatakan, pihaknya mengetahui 14.337 laporan garansi yang menyatakan bagian trim pilar A eksterior hilang atau terlepas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru