Adira Finance Dorong Desa Wisata Ramah Berkendara pada Festival Kreatif Lokal 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:49 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Adira Finance Dorong Desa Wisata Ramah Berkendara pada Festival Kreatif Lokal 2022

ILUSTRASI. Adira Finance Dorong Desa Wisata Ramah Berkendara pada Festival Kreatif Lokal 2022.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka Festival Kreatif Lokal 2022, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) mengajak komunitas motor melakukan jelajah atau touring bersama dari kota Yogyakarta menuju Desa Karanganyar – Magelang. 

Kegiatan yang diikuti oleh komunitas motor yaitu Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang ini, juga menjadi bagian dari momentum pemberian predikat kepada Desa Karanganyar – Magelang sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara yang dilakukan secara simbolis melalui peresmian landmark desa. 

Pada kesempatan yang sama, Adira Finance juga menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Tradisional Borobudur, Magelang sebagai wujud pemberdayaan, edukasi, kesenian dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program CSR tahunan Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), program ini bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia. Program tersebut meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif, dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

Baca Juga: Sandiaga: Indonesia Capai Target 1,8 Juta Kunjungan Wisman pada Awal September

“Tahun ini Adira Finance akan genap berusia 32 tahun melayani masyarakat Indonesia dengan solusi keuangan sesuai kebutuhan mulai dari pembiayaan mobil, motor, produk elektronik dan rumah tangga, hingga fasilitas dana multiguna," ungkap Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance dalam keterangannya, Selasa (18/10).

“Mewakili Desa Karanganyar, kami berterima kasih kepada Kemenparekraf RI dan Adira Finance telah mengadakan rangkaian program Festival Kreatif Lokal 2022, termasuk meresmikan desa kami menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara. Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Karanganyar,” ungkap Khoiril Anwar.

Desa Karanganyar dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya. 

Selain itu, Desa Karanganyar juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti menikmati pesona fajar di Puthuk Setumbu dengan Tour Sunrise Karanganyar, berfoto di rumah warna-warni Nepal Van Java, hingga menikmati damainya pemandangan sawah dengan berkeliling desa wisata menggunakan mobil atau motor.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Kemenparekraf RI, Zurich Indonesia, Adira Finance Syariah, termasuk sinergi dengan grup yaitu MUFG, dan Bank Danamon.

Baca Juga: Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu Rampung dan Siap Dioperasikan

Sejalan dengan tujuan Zurich “Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama”, Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020. Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, menyampaikan pihaknya bangga dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Zurich pun memahami bahwa pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian dan melalui kolaborasi dengan Adira Finance, Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya Desa Wisata. Dan kami juga sangat senang dapat melihat antusiasme komunitas motor. Salah satu produk perlindungan motor, Motopro, memastikan bahwa jika terjadi sesuatu pada motor, Anda akan dilindungi dengan baik. Saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru