Gadget

Adobe optimalkan Lightroom Classic, inDesign & Illustrator di Mac M1, performa naik

Kamis, 10 Juni 2021 | 08:24 WIB Sumber: Engadget,Engadget
Adobe optimalkan Lightroom Classic, inDesign & Illustrator di Mac M1, performa naik

ILUSTRASI. Adobe optimalkan Lightroom Classic, inDesign & Illustrator di Mac M1, performa naik


KONTAN.CO.ID - Adobe optimalkan beberapa aplikasinya di Mac M1. Aplikasi seperti Adobe Lightroom Classic, inDesign dan Illustrator performanya meningkat di Mac M1.

Belum lama ini Adobe meluncurkan beberapa aplikasi besutannya, seperti Lightroom Classic, inDesign dan Illustrator khusus Mac M1. Dengan hadirnya optimalisasi ini membuat beberapa aplikasi tersebut berjalan dengan performa yang lebih kencang dari sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, Apple telah merilis beberapa perangkat Mac yang menggunakan prosesor buatannya sendiri, yakni M1. Migrasinya Apple menggunakan prosesor besutannya ini membuat beberapa aplikasi berjalan menggunakan Rosetta 2 yang menjembatani beberapa aplikasi supaya bisa diakses Mac M1.

Ya, beberapa aplikasi ini mungkin tidak sekencang aplikasi yang khusus dibuat untuk prosor M1. Namun kabar baiknya Adobe mulai menambah deretan aplikasi yang bisa berjalan langsung di Mac M1.

Mengutip dari Engadget, Adobe Lightroom Classic, inDesign, dan Illustrator menyusul Photoshop yang sebelumnya rilis untuk M1. Optimalisasi beberapa aplikasi besutan Adobe tersebut juga menawarkan performa atau kinerja yang luar biasa.

Baca Juga: Apple rilis sistem operasi baru, berikut deretan iPhone yang kebagian iOS 15

ILLUSTRASI: ADOBE SYSTEMS

Adobe merekrut Pfeiffer Consulting untuk melakukan pengujian beberapa aplikasi Adobe yang sudah dioptimalkan untuk Mac M1. Dari hasil benchmark, Mac M1 bisa menjalankan beberapa aplikasi tersebut 80 persen lebih cepat dibandingkan Mac dengan prosesor Intel.

Peningkatan performa yang signifikan ini membuat prosesor besutan Apple yang satu ini benar-benar powerful untuk menjalankan aplikasi besutan Adobe.

Apakah langkah yang dilakukan Adobe ini bakal disusul pengembang aplikasi lainnya untuk merilis aplikasi versi M1 kelak?

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Mac berbasis M1 mungkin bisa melakukan update Adobe Creative Cloud untuk mendapatkan performa kencangnya tersebut.

Selanjutnya: Apple rilis macOS terbaru, inilah daftar perangkat Mac yang kebagian macOS Monterey

Editor: Arif Budianto
Terbaru