Adu balap di jalur motor sport premium 250 CC

Kamis, 01 Maret 2012 | 11:07 WIB Sumber: Harian KONTAN, 1 Maret 2012
Adu balap di jalur motor sport premium 250 CC

ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop sementara perdagangan saham PT Bank IBK Indonesia Tbk (AGRS).


Meski pasarnya kecil, kompetisi di pasar sepeda motor sport yang mengusung mesin 250 cc bakal makin sengit. Tahun ini, kelas kendaraan bermotor roda dua itu, yang selama ini baru diisi oleh Kawasaki, Minerva, dan Honda, bakal kedatangan pemain baru, yakni Suzuki.

Suzuki akan meramaikan pasar motor sport 250 cc dengan mendatangkan GW250. Dua pekan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales telah mendaftarkan GW250 ke Kementerian Perindustrian. Sayang, Paulus Firmanto, Direktur Penjualan dan Pemasaran Suzuki Indomobil enggan blak-blakan mengungkap kuda besi jagoan mereka di kelas 250 cc itu. Yang jelas, Suzuki Indomobil sedang menggelar persiapan acara peluncuran GW250.

Sekadar informasi, GW250 akan masuk secara utuh alias completely built-up (CBU) ke Indonesia dari pabrik milik Suzuki yang ada China. Sebagai gambaran, GW250 didesain untuk para biker yang doyan mengadakan touring alias perjalanan jauh. Untuk urusan dapur pacu, motor ini dibekali mesin 250 cc 4 tak berpendingin cairan. Mesin ini mampu membesut tenaga hingga 24 hp pada 8.500 rpm serta torsi 23,8 Nm pada 6.500 rpm.

Kabarnya, Suzuki Indomobil bakal merilis GW250 pada ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) pertengahan tahun 2012 nanti. Harga jualnya sekitar Rp 40 jutaan.

Dari sisi volume penjualan, Paulus bilang, saat ini, pasar motor sport 250 cc di Indonesia memang masih mini. Namun, pasarnya akan tetap tumbuh seiring datangnya pemain-pemain baru seperti Suzuki. "Kalau pemainnya banyak, pasti pasarnya tumbuh terus," ujarnya.

Pemain lama di segmen motor sport 250 cc, Kawasaki tidak akan menghadirkan produk baru di Tahun Naga untuk menandingi Suzuki GW250 atau pesaing lainnya. Freddyanto Basuki, National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya hanya meluncurkan edisi spesial alias special edition Ninja 250R saja. Tapi, "Saya belum bisa bicara banyak soal ini," kata Freddyanto.

Pasar terus tumbuh

Yang pasti, Kawasaki Indonesia akan terus memantapkan posisi mereka sebagai raja di kelas motor sport 250 cc. Tahun ini, mereka mematok angka penjualan Ninja 250R sebanyak 18.000 unit atau naik sekitar 28% ketimbang tahun lalu yang hanya terjual 13.305 unit saja.

Sejak meluncur pertama kali tahun 2008 lalu, penjualan Ninja 250R selalu naik. Menurut Freddyanto, ini menunjukkan, pasar motor sport 250 cc di Indonesia terus meningkat. Kehadiran pemain-pemain baru juga memperlihatkan kue penjualan untuk kelas ini akan membesar. "Kawasaki merespon positif," tegas dia.

Untuk mempertahankan posisinya sebagai jawara, Kawasaki Indonesia selalu melakukan terobosan termasuk dari segi pemasaran. Saat ini, mereka tengah mempersiapkan acara One Make Race Ninja 250R yang akan digelar di Sirkuit Sentul, Bogor. "Pasti kami akan selalu melakukan perbaikan," beber Freddyanto.

Tak mau kalah, PT Astra Honda Motor berencana mendatangkan CBR 250R versi anyar ke Indonesia. Honda melakukan perubahan minor alias facelift pada tampang andalan mereka di kelas motor sport 250 cc itu. Kalau tidak ada aral melintang, CBR 250R facelift akan meluncur di pasar India pekan ini. Di Indonesia kapan? "Masih tahap pembahasan," tutur Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor.

Hanya sebagai gambaran, untuk tampilan, CBR 250R facelift hadir dengan pilihan warna baru. Salah satunya adalah kombinasi biru, putih, dan merah. Honda juga melakukan pemetaan ulang pada ECU sehingga menghasilkan mesin lebih bertenaga, tetapi lebih irit bensin.

Sigit menjelaskan, di 2012, perusahaannya memasang target penjualan CBR 250R sebanyak 7.500 unit atawa naik 1.000 unit dibandingkan 2011 yang laku terjual sekitar 6.500 unit. Namun, seperti tahun lalu yang pasokannya terganggu akibat bencana banjir di Thailand, suplai tahun ini juga masih terhambat dan baru tiba di Indonesia akhir Februari lalu.

Agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor, CBR 250R punya banyak keunggulan. Misalnya, motor ini dilengkapi combined antilock braking system. Teknologi ini merupakan kombinasi antara ABS dan combi brake yang mampu membuat porsi pengereman roda depan dan belakang semakin seimbang.

Honda juga mengklaim mesin CBR 250R paling mantap di kelasnya. "Teknologi mesinnya hampir sama dengan yang digunakan di Moto GP dan sudah terbukti keunggulannya," ungkap Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru