Balapan di pasar sedan sport premium

Jumat, 25 Mei 2012 | 08:20 WIB Sumber: Harian KONTAN, 24 Mei 2012
Balapan di pasar sedan sport premium

ILUSTRASI. Jet tempur J-16 China


Pasar sedan sport premium dua pintu alias coupe terus kedatangan model-model anyar. Yang terbaru, Rabu (16/5) pekan lalu, PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Audi di Indonesia, meluncurkan All New Audi A5 Coupe.

Selain guna mendongkrak penjualan, Andrew Nasuri, Chief Executive Officer (CEO) Garuda Mataram, bilang, peluncuran All New A5 Coupe juga untuk memantapkan posisi Audi di pasar mobil premium. "Untuk Audi A5 Coupe selama tahun 2012 memiliki stok sebanyak 20 unit yang diimpor dari Jerman," kata dia.

Andrew optimistis akan mampu menghabiskan stok Audi A5 itu. Soalnya, jumlah pemesanan mobil berkapasitas mesin 2.000 cc ini sudah mencapai 10 unit. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan Audi A5 model sebelumnya selama Januari - April tahun ini sudah empat unit. Atau, naik dua kali lipat dari penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya dua mobil.

Pasar sedan sport premium bakal makin ramai lantaran PT Toyota Astra Motor berencana menghadirkan GT Hachi-Roku atawa 86 dalam waktu dekat. "Kapan persisnya, tunggu tanggal mainnya," ujar Rouli H. Sijabat, PR Manager Toyota Astra.

Menurut Rouli, ini merupakan kali pertama Toyota Astra melempar ke pasar Indonesia sedan sport premium. Soalnya, "Kami melihat selalu ada segmen yang antusias dengan sedan sport di negara kita," jelas dia.

Rouli menambahkan, peluncuran GT86 juga bagian dari komitmen Toyota Astra untuk memenuhi keinginan pasar. Sebab, sudah banyak pecinta sedan sport yang menanyakan kapan Toyota Astra memboyong GT86 dengan mesin 2.000 cc.

Tapi, All New Audi A5 Coupe dan Toyota GT86 tentu bakal bersaing ketat dengan merek lain. Salah satunya adalah Mazda RX8 Spirit R yang mulai mengaspal di negara kita awal 2012 lalu. Astrid Ariani Wijana, Direktur Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia, memasang target penjualan seri paling gres RX8 itu sebanyak 5 unit per bulan. "Sampai akhir tahun nanti kami menargetkan penjualan RX8 sebesar 50 unit," ungkapnya.

Segmen terbatas

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Mazda RX8 sepanjang Januari - April 2012 mencapai 21 unit, atau meningkat 23,5% ketimbang periode yang sama di 2011 yang cuma 17 unit. Dengan capaian ini, Astrid sangat yakin penjualan Mazda RX-8 Spirit R tahun ini mampu meraih target.

Keyakinan Astrid itu juga tecermin dari hasil penjualan Mazda RX8 tahun lalu yang sebanyak 38 unit. Kalau target penjualan tahun ini yang mencapai 50 unit terwujud, maka terjadi pertumbuhan sebesar 31,5%.

Helena Abidin, Director of Corporate Communications PT BMW Indonesia, menuturkan, pasar sedan sport memang masih menjanjikan. Sebab, mobil ini bentuknya unik dan menampilkan sisi sporty sekaligus prestise bagi pemiliknya. "Ada segmen khusus di masyarakat yang memiliki karakter itu, khususnya mereka yang menyukai mobil sport," tuturnya.

Walau begitu, Helena mengatakan, persaingan sedan sport di Indonesia tidak besar. Pasalnya, segmen kendaraan sangat kecil dan pemainnya tidak banyak. Makanya, "Kami tidak ada target penjualan untuk BMW seri sport dua pintu karena segmennya kecil sekali dan biasanya berdasarkan permintaan," beber Helena.

Toh, Imelda Muhidin, General Manager Garuda Motor, memprediksi permintaan sedan sport premium dua pintu tetap tumbuh, seiring peningkatan permintaan terhadap kendaraan jenis ini. Tapi memang, pertumbuhannya tidak terlalu besar dan cuma memiliki pasar 1% dari total penjualan mobil secara nasional.

Yang jelas, Imelda menambahkan, jumlah kelas menengah atas Tanah Air yang terus bertambah dan makin banyak orang yang gemar mobil sport, akan menjadi pendorong pertumbuhan penjualan sedan sport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru