Agar tidak menelantarkan, siapkan diri sebelum piara hewan

Minggu, 22 September 2019 | 13:23 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Agar tidak menelantarkan, siapkan diri sebelum piara hewan

ILUSTRASI. Ilustrasi pemilik hewan peliharaan bermain dengan anjing-anjingnya.


HOBI - JAKARTA. Memiliki hewan peliharaan tengah jadi trend di kalangan millenial. Pada momen tertentu mereka suka mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan keluar rumah.

Umumnya, millenial memilih anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan. Maklum saja, kedua hewan tersebut memang sangat menggemaskan dan cocok sebagai peliharaan.

Baca Juga: Menjaring cuan dari penyuka hewan berkaki delapan (bagian 2)

Mengutip dari Kompas.com, hewan peliharaan memberikan dampak positif kepada para pemiliknya. Tuannya akan merasa lebih happy dan tenang menjalani hari-harinya.

Dokter hewan, Drh. I Gedhe Sujana mengatakan pemilik hewan peliharaan akan mempunyai hidup yang lebih sehat. Karena, mereka sering beraktivitas bersama dengan hewan peliharaannya.

Misalnya, tuan dan anjingnya jongging bersama di taman. Atau, tuan dan kucingnya bermain petak umpet di dalam rumah.  

Sangat menyenangkan bukan memiliki hewan peliharaan, Anda tertarik ?

Namun, Anda perlu menyiapkan diri sebelum memiliki hewan peliharaan. Agar hewan peliharaan tidak terlantar atau berujung mati.

Denny Okka, Volunteer Mandalika Dog Shelter bercerita tidak sedikit masyarakat yang sengaja menelantarkan hewan peliharaannya. "Mereka meninggalkan peliharaan di jalan karena pindah ke luar kota," katanya.

Mempunyai penghasilan tetap

Hal pertama yang wajib Anda miliki sebelum mempunyai hewan peliharaan adalah berpenghasilan tetap. Yuliandra Satgala, Pemilik Shelter Dunia Satwa Indonesia menjelaskan memiliki hewan peliharaan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Apalagi, bila Anda ingin memelihara anjing ras seperti pitbull, dan husky harus siap mengeluarkan dana lebih. Alasannya, anjing ras membutuhkan perawatan khusus.

Baca Juga: Melirik lebatnya untung salon khusus hewan

Gala mengatakan Anda wajib membawa anjing ras ke salon khusus anjing untuk grooming. Karena, hewan tersebut mempunyai bulu yang panjang dan butuh treatment spesial agar tetap terlihat indah.   

Anda juga wajib membawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk vaksinasi dan pemberian obat cacing. Anda harus melakukan perawatan kesehatan ini secara rutin saban tahunnya. Agar, hewan peliharaan Anda tidak sampai sakit atau tertular virus.

Selain itu, Anda juga wajib menyiapkan dana untuk membeli makanan khusus hewan. Sebaiknya, Anda memberikan makanan yang sesuai dengan jenis hewan peliharaan.  

Danny mengatakan anjing ras sebaiknya diberikan dog food. Karena, komposisi dog food sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing.

Sedangkan, untuk anjing lokal Anda dapat memberikan makanan apa saja. Selama tidak dalam ukuran yang berlebihan.

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru