Agen mesin kopi Toffin Indonesia buka showroom perdana

Senin, 16 Juli 2018 | 11:34 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Agen mesin kopi Toffin Indonesia buka showroom perdana

ILUSTRASI. PT Toffin Indonesia


KOPI - JAKARTA. PT Toffin Indonesia membuka showroom kopi pertamanya. Toffin Coffee Showroom ini didesain memiliki dua hub, yakni training center dan business development center.

CEO Toffin Indonesia, Tony Arifin, menerangkan, pembukaan showroom ini tak lepas dari minat masyarakat yang semakin antusias terhadap kopi yang bahkan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup. Untuk itu, agen tunggal pemegang 20 merek mesin dan peralatan kopi di Indonesia dan mengklaim memiliki 85% pangsa pasar ini, berupaya mengakomodasi minat masyarakat yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai kopi dan industrinya.

“Jadi kita nggak cuman jual mesin, tapi juga mau sharing knowledge,” ungkap Tony dalam acara peresmian Toffin Coffee Showroom di Jalan Pluit Permai No. 4, Jakarta Utara, Minggu (15/7) malam.

Sebagai training center, lanjut Tony, di showroom ini para penggemar kopi bisa mendapatkan sejumlah pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar jenis-jenis kopi, pelatihan barista, late art, perawatan mesin dan juga sebagai co-working space.

Sedangkan development center ditujukan untuk mereka yang ingin mengenal lebih jauh tentang industri dan bisnis kopi. Termasuk mengenai cara merancang bisnis kedai kopi, pengembangan menu inovatif, pengenalan mesin dan peralatan kopi, serta penjualan suku cadang.

“Ini terbuka untuk umum. Hampir tak ada biaya, kecuali apabila konsumen ingin sesuatu yang lebih detail. Sebab dari sini kita ingin punya komunitas dan recananya setiap weekend kita mendatangkan speaker ahli dalam meracik dan berbisnis kopi,” terang Tonny.

Toffin Coffee Showroom ini diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, dan juga mendatangkan World Barista Champion 2017, Dale Harris. Dalam acara tersebut, Sandi mengungkapkan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama dengan Toffin dalam pegembangan program Oke Oce yang tengah digarap Pemerintah Provinsi (Pemprov).

“Melalui Oke-Oce, nantinya Pemprov ingin mengirimkan para penggemar dan pengusaha kopi untuk bergabung dan training di sini,” ujar Sandiaga.

Tonny mengungkapkan, ke depan, pihaknya ingin mengembangkan showroom serupa di kota lainnya. “Melihat potensi pasar yang ada, Surabaya dan Bali menjadi target berikutnya,” pungkas tonny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru