Musik

Agust D alias Suga BTS dominasi iTunes charts di seluruh dunia

Sabtu, 23 Mei 2020 | 14:52 WIB Sumber: Kompas.com
Agust D alias Suga BTS dominasi iTunes charts di seluruh dunia

ILUSTRASI. Suga BTS/ Agust D

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Suga BTS alias Agust D mendominasi chart iTunes di seluruh dunia dengan mixtape terbarunya. Mixtape berjudul D-2 itu dirilis pada Jumat (22/5/2020) pukul 18.00 KST. 

Hingga Sabtu (23/5/2020) pukul 08.00 pagi, D-2 menduduki puncak iTunes Top Album Charts di 80 negara dan wilayah seperti Indonesia, AS, Kanada, Jerman, Spanyol, Perancis, Italy, Portugal, Swedia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Jepang dan Peru.

Baca Juga: Menengok kehidupan Korea Selatan yang sebagian kembali normal hari ini

Lagu utamanya, “ Daechwita”, juga menjadi nomor 1 di iTunes Top Songs Charts di 50 negara dan wilayah. Di iTunes Top Song Charts Indonesia, "Daechwita" juga menempati posisi 1 diikuti dengan lagu lain dari D-2, "Moonlight" di peringkat 2. Suga, yang bernama asli Min Yoongi, merilis mixtape pertama menggunakan nama Agust D pada Agustus 2016. 

Dengan 10 lagu di D-2, Suga menunjukkan spektrum dan bakat musiknya ke tingkat yang lebih tinggi. Di proyek solo kedua itu, Suga menggandeng leader BTS RM di lagu “Strange”, juga artis musik NiiHWA, MAX dari AS, dan Kim Jong Wan. Sebagai artis musik, member tertua kedua di BTS itu memiliki beberapa persona. 

Jika bersama BTS dia adalah Suga, rapper, komposer, dan produser lagu-lagu di album boy group asuhan Big Hit Entertainment itu. Namun ketika merilis proyek solo, dia menggunakan nama Agust D. Suga memperkenalkan Agust D untuk kali pertama pada 2016 dengan merilis mixtape. Dia lagunya adalah “Agust D” dan “Give It to Me”. 

Baca Juga: Blackpink jadi artis K-Pop pertama yang tiga lagunya ditonton 800 juta viewers

Dia menjelaskan bahwa Agust D merupakan kebalikan dari Suga. Sedangkan huruf TD merupakan singkatan dari D-Town, sebuah grup rap tempat dia bergabung dulu di kampung halamannya, Daegu. Seperti perbedaan namanya, musik yang dihasilkan Suga dan Agust D pun berbeda.

Dengan lagu-lagu BTS, Suga menulis lirik dan tema yang jujur. Namun lagu-lagu karya Agust D jauh lebih blak-blakan dan tanpa filter. “Perbedaannya adalah (dengan Agust D) saya jauh lebih ekspresif dan menunjukkan sisi yang lebih liar ,” kata Suga dalam wawancara dengan TIME pada Jumat (22/5/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebagai Agust D, Suga BTS Dominasi iTunes Charts di Seluruh Dunia"

Editor: Handoyo .


Terbaru