Akan dimulai Maret 2020, Australia jadi Grand Prix pembuka Fomula 1

Selasa, 09 Juli 2019 | 00:05 WIB Sumber: BBC
Akan dimulai Maret 2020, Australia jadi Grand Prix pembuka Fomula 1


OLAHRAGA -  JAKARTA. Ajang bergengsi Formula 1 untuk musim balap 2020 bakal dimulai pada 15 Maret 2020. Balapan perdana akan diselenggaran pada Grand Prix Australia, Melbourne.

Asal tahu saja, tahun depan bakal menjadi balapan ke-25 yang diselenggarakan di sirkut Albert Park tersebut. Selain itu, tahun 2020 juga merayakan ulang tahun F1 ke 70.

"Sirkuit Albert Park adalah salah satu yang paling populer di kalender balapan F1. Jadi tak ada tempat yang lebih baik untuk memulai musim 2020," kata Bos F1 Chase Carey seperti dikutip BBC.

Walau sudah menentukan GP pembuka, ternyata F1 belum mengumumkan kalender balapan musim depan. Yang jelas, akan ada dua ajang balapan F1 baru musim depan. Yakni, GP Belanda di Zandvoort dan GP Vietnam di Hanoi.

Sementara ada empat GP yang diragukan dapat menggelar balapan F1 di musim depan. Mereka adalah GP Inggris, GP Jerman, GP Meksiko dan GP Spanyol. 

F1 setidaknya akan mencoret dua seri GP di musim depan agar total balapan di 2020 tetap 21 seri. Kabarnya Spanyol dan Jerman adalah seri yang paling rentan untuk di coret.

Namun, di sisi lain, pemerintah Meksiko telah menyatakan keberatan untuk melanjutkan ajang bergengsi ini.

Sementara Inggris juga diragukan. Tetapi F1 dan Sirkuit Silverstone dikabarkan sudah mencapai kesepakatan baru. Tetapi pemilik sirkuit, British Racing Drivers Çlub menunda tanda tangan kesepakatan setelah F1 mengaku ingin menggelar balapan di London.

Selain empat seri di atas, sebenarnya GP Italia juga berakhir di tahun ini. Tetapi pada April lalu, F1 sudah mengumumkan adanya "kesepakatan prinsip" untuk melanjutkan penyelenggaraan hingga 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru