Alas Purwo, taman nasional yang penuh misteri di Banyuwangi

Rabu, 13 Januari 2021 | 16:44 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Alas Purwo, taman nasional yang penuh misteri di Banyuwangi

ILUSTRASI. Taman Nasional Alas Purwo menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Dok: Instagram Taman Nasional Alas Purwo 


KONTAN.CO.ID - Alas Purwo merupakan taman nasional yang penuh misteri. Taman nasional ini terletak di kawasan Tagaldlimo, Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Banyak orang menilai tempat tersebut merupakan tempat terangker. Bahkan, mereka mengira taman ini adalah kerajaan jin.

Kebenaran mengenai hal itu pun masih menjadi misteri hingga saat ini. Konon katanya, di hutan seluas 43 ribu hektare ini terdapat 40 gua yang bisa disambangi untuk mempelajari ilmu gaib. Salah satu gua yang paling terkenal adalah Gua Istana.

Masyarakat setempat percaya jika Gua Istana merupakan tempat untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Beliau dikenal sebagai ratu yang menguasai pantai selatan. Jika berkunjung ke taman nasional ini, pengunjung tidak boleh berkata kasar, bicara kotor, menghina dan sompral lo.

Baca Juga: Cocok untuk pengunjung eksplorasi, Pulau Biawak ada di Indramayu

Taman Nasional Alas Purwo

Meskipun dinilai angker dan misterius, Taman Nasional Alas Purwo menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Di sini terdapat Savana Sadengan, Kawasan Hutan Mangrove Bedul, Pura Luhur Giri Salaka dan lima pantai yang terdiri dari Pantai Trianggulasi, Pantai Plengkung, Pantai Pancur, Pantai Ngagelan dan Pantai Cungur.

Selama masa pandemi, Taman Nasional Alas Purwo menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selanjutnya: Taman Langit Gunung Banyak, tempat wisata di Songgoriti

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru