All Quiet on The Western Front Raih Film Internasional Terbaik di Ajang Oscar 2023

Senin, 13 Maret 2023 | 13:49 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
All Quiet on The Western Front Raih Film Internasional Terbaik di Ajang Oscar 2023

ILUSTRASI. Piala Oscar


FILM - LOS ANGELES. Film Jerman "All Quiet on the Western Front" berhasil memenangkan Oscar 2023 untuk kategori film asing terbaik. Film ini juga merupakan film berbahasa Jerman pertama yang dinominasikan dalam kategori film terbaik.

Film Jerman ini merupakan adaptasi Edward Berger dari novel Jerman Perang Dunia I yang juga telah meraih penghargaan dari BAFTA, dan berhasil menjadi nominasikan untuk sembilan Oscar tahun ini, memenangkan Oscar untuk film internasional terbaik.

Film Netflix Inc (NFLX.O) besutan Edward Berger ini menggambarkan kengerian perang parit dari sudut pandang seorang pemuda yang awalnya gemar berperang. Ini adalah adaptasi Jerman pertama dari novel tahun 1928 karya Erich Maria Remarque, yang juga memenangkan Film Terbaik pada tahun 1930.

Baca Juga: Michelle Yeoh, Wanita Pertama Pemenang Piala Oscar, Ini Daftar Pemenang Oscar 2023

"All Quiet on the Western Front" bercerita tentang seorang pemuda yang diracuni oleh propaganda nasionalis politik sayap kanan bahwa perang adalah sebuah petualangan," kata produser Malte Grunert seperti dikutip dari Reuters, Senin (13/3).

Film ini "memiliki dialog yang menarik tidak hanya dengan materi sumbernya, tetapi juga dengan sejarah panjang perang dan film tentang kekejaman," tulis Sight & Sound dalam ulasannya.

All Quiet on the Western Front mengalahkan film Polandia nominasi internasional EO dan Ireland's Quiet Girl; film Belgia Closer; dan Argentina, 1985.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru