Belanja

Anak rewel saat diajak berbelanja? Coba ikuti 5 tips ini

Sabtu, 04 Juli 2020 | 08:36 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Anak rewel saat diajak berbelanja? Coba ikuti 5 tips ini

ILUSTRASI. Warga berbelanja di Supermarket di Tangerang Selatan. KONTAN/Baihaki/23/6/2020.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Belanja bersama anak merupakan hal yang seru. Akan tetapi, tidak semua anak bisa memahami bagaimana caranya berperilaku yang tepat saat di tempat belanja. Hal ini pun membuat mereka rewel, cepat bosan, lelah dan akhirnya membuat rencana belanja Anda tidak sesuai harapan.

Melansir Boldsky, ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum pergi berbelanja bersama anak.

Pertama, rencanakan dulu toko-toko apa saja yang akan Anda datangi. Pastikan rencana tersebut tidak menggangu jadwal tidur dan makan anak. Jika menganggu, bisa dipastikan anak akan rewel selama Anda berbelanja.

Kedua, jelaskan secara rinci peraturan dan perilaku seperti apa yang harus anak dikuti sebelum berangkat belanja. Selain itu, beri tahu juga apa konsekuensinya jika mereka melanggar peraturan tersebut.

Ketiga, jaga anak Anda agar tetap terpantau mata. Pastikan anak selalu dekat. Pasalnya, lengah sedikit saja bisa menimbulkan dampak serius. Jangan biarkan mereka berkeliaran sendirian di tempat belanja.

Keempat, libatkan mereka saat Anda berbelanja. Anda bisa menyuruh anak untuk mengambil barang di rak, menyimpan barang di troli atau membantu memilih mana barang yang bagus dan tidak. Selain seru dan bisa menjalin kedekatan dengan buah hati, hal ini juga bisa mengalihkan pikiran anak-anak agar tidak rewel.

Kelima, siapkan camilan dan bawa dia ke tempat bermain jika Anda sudah selesai berbelanja. Hal ini harus dilakukan agar anak tidak merasa bosan setelah ikut berbelanja.

Baca Juga: Daftar harga hp OPPO terbaru bulan Juli 2020, ada diskon sampai Rp 400.000

 

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru