Edukasi

Anda ingin jadi jutawan di usia muda, lakukan 10 hal ini!

Senin, 26 April 2021 | 03:55 WIB Sumber: Entrepreneur
Anda ingin jadi jutawan di usia muda, lakukan 10 hal ini!

ILUSTRASI. Ingin jadi jutawan di usia muda? Lakukan 10 hal ini

KONTAN.CO.ID -  Bagi sebagian orang, menjadi jutawan adalah hal tabu. Apalagi sulit membayangkan orang sudah mencapai posisi kekayaan seperti itu pada usia 30 tahun. Tampaknya itu hanya sekedar fantasi.

Namun hal itu tidak berlaku bagi Grant Cardone, seorang pakar penjualan internasional dan manager Dana Real Estat US$ 1,78 miliar. Cardone mengatakan, pada usia 21 tahun, ia telah meninggalkan sekolah dalam keadaan bangkrut dan pada usia 30 tahun ia telah menjadi jutawan. Ia pun berbagi tips kesuksesannya.

Mengutip, entrepreneur.com,  Sabtu (24/4), Cardone membagikan 10 langkah yang membuat Anda kaya.

1. Follow the money 

Dalam kondisi ekonomi saat ini, setiap orang sulit memperoleh status jutawan. Maka langkah pertama adalah fokus meningkatkan penghasilan secara bertahap dan mengulanginya. Sebagai contoh, saat pertama bekerja, Cardone mencatat penghasilan sebesar US$ 3.000 per bulan dan sembilan tahun kemudian penghasilan bulanannya menjadi US$ 20.000.

"Mulailah mengikuti uang dan itu akan memaksa Anda untuk mengontrol pendapatan Anda dan melihat peluang," ujar Cardone.

Baca Juga: Saran Warren Buffett bagi investor agar dapat meminimalisir kesalahan

2. Jangan menyombongkan diri, tapi bekerjalah

Cardone mengatakan, ia tidak membeli jam tangan atau mobil mewah pertama sampai bisnis dan investasinya menghasilkan banyak aliran pendapatan yang aman. "Saya masih mengendarai Toyota Camry ketika saya menjadi seorang jutawan," bebernya. Ia menambahkan, kenali etos kerja Anda dan bukan yang Anda beli.

3. Menabung untuk berinvestasi

Satu-satunya cara menghemat uang adalah dengan menginvestasikannya untuk kebutuhan masa depan. Untuk itu, penghasilan kita harusnya di taruh di tempat yang aman dan tidak tersentuh.  "Jangan pernah menggunakan uang itu, bahkan dalam keadaan darurat. Ini akan memaksa Anda mengikuti langkah pertama tadi," tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini, setidaknya ia dua kali bangkrut dalam setahun karena ia selalu menginvestasikan kelebihan uangnya di perusahaan yang tidak bisa ia masuki atau tarik lagi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Sebelum membeli saham, pahami nasihat Warren Buffett ini

4. Hindari utang konsumtif

Cardone mengatakan, ia meminjam uang untuk membeli mobil karena ia tahu mobil itu dapat meningkatkan penghasilannya. Menurutnya, orang kaya menggunakan hutang untuk meningkatkan investasi dan menumbuhkan arus kas mereka. 

"Sementara orang miskin menggunakan hutang untuk membeli barang-barang yang membuat orang kaya semakin kaya," ungkapnya.

Editor: Noverius Laoli
Terbaru