HOME

Anda ingin lebih bahagia, lakukan hal-hal ini mungkin bisa membantu

Selasa, 20 Juli 2021 | 15:20 WIB   Reporter: Ana Risma
Anda ingin lebih bahagia, lakukan hal-hal ini mungkin bisa membantu

KONTAN.CO.ID - Bahagia menjadi perasaan sekaligus kondisi yang didambakan oleh setiap orang. Ketika suasana hati baik, maka rutinitas sehari-hari pun akan mudah untuk berjalan dengan lancar.

Walaupun demikian, banyak orang yang rentan mengalami stres serta sulit bahagia semenjak pandemi Covid-19 datang. Mobilitas yang menjadi serba terbatas berhasil membuat kestabilan mental dari banyak orang terganggu.

Akibatnya, perasaan cemas, sedih, dan putus asa pun seringkali datang melanda kehidupan orang banyak. Apakah perasaan-perasaan itu sering Moms alami belakangan ini? Tenang, karena ada beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mengatasinya.

Baca Juga: Selama PPKM darurat, BTN sudah salurkan bansos Rp 433,7 miliar

Melansir dari Harvard Health Publishing, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan suasana hati sekaligus memperbaiki pandangan hidup.

Berolahraga di Ruang Terbuka

Olahraga sembari menikmati segarnya udara luar merupakan sebuah kombinasi yang tepat untuk meningkatkan suasana hati.

Moms bisa melakukan berbagai olahraga misalnya berjalan, berlari, hingga bersepeda di sekitar rumah atau di tengah segarnya alam nan asri.

Berjalan, berlari, dan bersepeda diklaim mampu membuat suasana hati mengalami peningkatan. Ketika suasana hati meningkat, maka stres akan berkurang dan perasaan sejahtera akan datang.

Selain ketiga olahraga tersebut, yoga juga menjadi salah satu pilihan olahraga terbaik yang bisa Moms lakukan. Yoga terkenal mampu meningkatkan hormon serotonin yang memiliki fungsi sebagai anti-depresan. Semakin tinggi tingkat serotonin yang dimiliki maka semakin mudah juga untuk mencapai suasana hati yang baik.

Lalu, berapakah durasi yang ideal untuk melakukan olahraga-olahraga tersebut? Sebuah penelitian menyarankan untuk melakukannya paling tidak 30 menit  sebanyak 5 kali seminggu atau 20 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Baca Juga: Biar tepat sasaran, penyaluran bansos PPKM darurat dikawal BPKP

Menghargai Hal-Hal Kecil yang Menyenangkan Setiap Hari

Di setiap hari, pasti ada saja hal-hal remeh yang menyebalkan. Akan tetapi, bukankah hidup juga menyimpan hal-hal kecil yang membahagiakan dan patut disyukuri?

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang meluangkan waktunya untuk menghargai hal-hal kecil yang menyenangkan akan merasa lebih bahagia.

Berkebun, duduk di teras rumah sambil minum teh, berkumpul bersama keluarga sembari makan camilan, dan membaca buku yang menarik merupakan beberapa momen sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri ketika berhasil mencapai atau menyelesaikan sesuatu seperti pekerjaan yang menumpuk. Dengan begini, Moms akan mudah merasa bahagia setiap harinya.

Membatasi Keputusan dari Diri Sendiri

Semakin banyak pilihan hidup maka semakin rentan pula seseorang mengalami kekhawatiran. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang dihadapkan dengan banyak pilihan memiliki kemungkinan yang besar untuk menyesal.

Terlalu banyak menimbang keputusan apa yang akan diberikan untuk setiap pilihan yang ada bisa memancing datangnya stres. Jika sudah begitu, maka dibutuhkan meditasi untuk melatih diri agar mampu membatasi pilihan.

Latihan untuk tidak membuat banyak keputusan sepanjang hari terbukti dapat membebaskan diri dari perasaan-perasaan yang mengganggu. Menahan diri untuk tidak melihat kembali keputusan yang telah dibuat pun sangat membantu untuk menghindari overthinking.

Untuk mencapai kebahagiaan, Moms harus pintar memilah permasalahan apa saja yang harus diprioritaskan keputusannya. Dengan begitu, selain akan mudah bahagia, energi Moms pun tidak akan terkuras untuk hal-hal yang tidak penting.

Sekian penjelasan mengenai cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat diri lebih bahagia setiap harinya. Jangan lupa dipraktikkan ya Moms!

Selanjutnya: Jangan Berlebihan, Inilah Batasan Kafein yang Diperbolehkan untuk Ibu Hamil

Editor: Ana Risma
Terbaru