HOME

Anda merasa cemas dan kebanyakan mikir? Coba tepis dengan meditasi

Senin, 12 Juli 2021 | 07:07 WIB Sumber: Healthline
Anda merasa cemas dan kebanyakan mikir? Coba tepis dengan meditasi

KONTAN.CO.ID - Saat beban di pundak terasa semakin berat, mungkin inilah waktumu untuk berhenti sejenak. Lakukan meditasi untuk menghilangkan beban agar pikiran kembali segar.

Bagi kamu yang mudah merasa overthinking, melakukan meditasi mungkin akan terasa cukup berat di awal-awal. Tapi jangan salah, meditasi tetap bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah.

Ini dia beberapa cara mudah bermeditasi bagi kamu si mudah cemas dan overthinking.

Redam Kecemasan dengan Membuat Jadwal Teratur

Rasa cemas akan redam oleh sesuatu yang bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena dengan mengatur jadwal, maka kamu akan memperoleh manfaat dan hal baik dari kebiasaan tersebut.

Haley Neidich, seorang psikoterapi, yang dikutip dari Healthline mengatakan bahwa dengan melakukan jadwal yang teratur setiap harinya, maka kamu bisa memperoleh dampak besar yang bisa dirasakan dari kegiatan rutinmu bermeditasi.

Baca Juga: Fakta Film & Drama yang Dibintangi Nam Da Reum, Pemeran Film Korea The 8th Night

Meditasi Mata

Meditasi mata bisa dilakukan dengan melihat gambar atau objek yang sifatnya dapat menenangkan. Kamu bisa mendapatkannya dengan melihat Youtube berupa objek-objek natural seperti tumbuhan, hewan, langit, ataupun laut.

Kamu juga bisa melakukannya di rumah loh. Cukup melihat berbagai tanaman atau tumbuhan yang ada di halaman rumahmu, maka otak perlahan merasakan ketenangan. Cukup mudah, bukan?

Fokuskan Pendengaran

Kamu bisa bermeditasi dengan memfokuskan pendengaran terhadap instruksi meditasi yang bisa kamu dapatkan dari Youtube ataupun dari aplikasi lainnya.
Dengan mulai memfokuskan pendengaran, maka lambat laun otak akan ikut fokus terhadap suara dari intruksi tersebut.

Candice Fairoth, seorang instruktur meditasi dan olah napas dari Los Angeles, dalam Healthline mengatakan bahwa melakukan meditasi dengan memfokuskan pendengaran akan membawa efek yang dahsyat bagi dampak yang dihasilkan.

Selain bisa melatih fokus, meditasi pendengaran ini akan melatihmu membawa ketenangan saat rasa cemasmu kambuh dan membuatmu mudah tertidur.

Latih Pikiranmu

Mengutip dari mindful.org, kamu bisa melatih fokus pikiranmu dengan berdiam diri di tempat ternyamanmu saat ini. Ketika pikiranmu tiba-tiba terlihkan, maka fokuskan kembali pikiran lewat napas yang keluar dari hidung. Proses yang satu ini erat kaitannya dengan melatih pernapasan.

Dilansir dari nytimes.com, jika saat bermeditasi kamu tidak merasakan dampak apapun, maka hal tersebut wajar terjadi. Jika hal ini dilakukan terus menerus, seiring berjalannya waktu kamu akan merasakan bahwa tubuhmu akan sangat nyaman dan terasa ringan.

Latih Pernapasanmu

Penelitian dari the National Institutes of Health dalam Healthline membuktikan bahwa dengan memperlambat napas maka rasa gugup akan berkurang dan kamu bisa merasakan ketenangan. Selain itu, kamu juga dapat mengurangi rasa cemas.

Dalam berbagai meditasi, kunci utamanya terdapat pada olah napas. Karena bagaimanapun, olah napas adalah kunci dari ketenangan pikiran.

Baca Juga: Karier Kim Seon Ho, Aktor Korea yang akan Berperan pada Drama “Hometown Cha-Cha-Cha”

Mendengarkan Musik yang Kamu Sukai

Bagi kamu yang cukup kesulitan melakukan meditasi hening, maka kamu bisa mengakalinya dengan bermeditasi sambil mendengarkan musik.

Musik adalah cara efektif dalam menenangkan pikiran, jika kamu adalah pribadi yang busy mind dan selalu overthinking.

Beberapa penelitian yang sudah teruji mengatakan bahwa dengan mendengarkan musik, maka fokusmu akan teralih dan membuat jantungmu berdetak lebih pelan dari biasanya ketika sedang cemas.

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan saat merasa cemas dan overthinking. Saat cemas melanda, maka mulailah melakukan meditasi. Mengutip dari headspace.com, hal-hal seperti stres ataupun overthinking akan memicu berbagai macam gejala seperti tidak bisa tidur, gemetar, ataupun peradangan pada kulit.

Tentu kamu tidak mau jika tubuhmu jadi sakit hanya karena stres belaka, bukan? Untuk itu, mari mulai mengelola pikiran dengan bermeditasi agar pikiran menjadi tenang dan tubuh menjadi sehat.

Selanjutnya: Formasi CPNS & PPPK Kemenag 2021 Telah Dibuka, Apa Saja Syaratnya?

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru