Android siapkan fitur Hibernation, diklaim mampu memperkecil ukuran aplikasi

Selasa, 19 Januari 2021 | 10:53 WIB Sumber: GSM Arena
Android siapkan fitur Hibernation, diklaim mampu memperkecil ukuran aplikasi

ILUSTRASI. Android siapkan fitur Hibernation, diklaim mampu memperkecil ukuran aplikasi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Android dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru dengan nama Hibernation yang memiliki fungsi untuk mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Dilansir dari GSM Arena, tim Android Open Source Project saat ini sedang menyempurnakan fitur menarik ini dan diprediksi bisa siap diperkenalkan pada Android 12 mendatang.

Untuk saat ini memang belum banyak informasi mengenai bagaimana fitur Hibernation akan bekerja. Namun sederhananya, saat fitur ini aktif, maka cache aplikasi yang dipilih akan dihapus secara otomatis jika tidak digunakan.

Dengan metode ini, pengguna akan lebih mudah mengontrol pembuangan 'sampah' aplikasi yang seringkali menumpuk tanpa tahu dari mana sumbernya.

Kemungkinan besar fitur ini akan bekerja dengan menyesuaikan pada data statistik penggunaan aplikasi yang ada pada perangkat. Aplikasi yang paling jarang digunakan akan mendapatkan perhatian yang lebih besar.

Baca Juga: Kini, Google Play Store bisa tampilkan aplikasi yang naik peringkat atau sebaliknya

Spekulasi lain yang juga berkembang adalah bahwa fitur ini bisa diatur secara manual sehingga pengguna bisa memilih sendiri aplikasi mana saja yang akan masuk tahap hibernasi.

Bagaimana pun hasilnya nanti, fitur ini sepertinya akan sangat berguna, terutama untuk Anda yang biasa menyimpan banyak aplikasi dengan ukuran yang besar.

Jika benar akan dirilis bersamaan dengan Android 12, maka ada kemungkinan fitur ini akan segera diperkenalkan bulan Februari mendatang. Hal ini berdasarkan jadwal rilis tahunan sistem baru Android.

Tahun lalu, pratinjau pertama Android 11 diperlihatkan oleh pengembang pada bulan Februari 2020. Mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Selanjutnya: Ingin ganti Whatsapp dengan Signal? Simak cara pasang aplikasi Signal di HP Android

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
Terbaru