Anies akan gratiskan BBN-KB, harga mobil listrik BMW bisa lebih murah

Senin, 28 Oktober 2019 | 13:29 WIB Sumber: Kompas.com
 Anies akan gratiskan BBN-KB, harga mobil listrik BMW bisa lebih murah

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai perjalanan dari area Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monas dengan kendaraan BMW i8 Roadster, Jumat (20/9). (Dok: BMW Group)Jakarta E-Prix diumukan, BMW ikut mendukung dan mengapresiasi


OTOMOTIF - JAKARTA. Mobil dan sepeda motor listrik di wilayah DKI Jakarta sepertinya akan dijual dengan harga lebih murah, setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk membebaskan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan tersebut. 

Hal ini diungkap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran Senayan, Minggu (27/10). Ia mengatakan, cara ini diambil untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik khususnya bagi masyarakat Jakarta. 

Baca Juga: Penjualan mobil domestik pada September 2019 turun, tetapi ekspor malah melejit

Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O’tania, mendukung kebijakan tersebut. Menurutnya, hal ini akan mendorong penggunaan kendaraan berbasis listrik. 

“Sebagai satu-satunya brand premium yang menjual secara resmi kendaraan full listrik, BMW Indonesia menyambut positif dukungan dari pemerintah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/10). 

“Dengan memberikan insentif monetary pastinya akan semakin menarik minat pelanggan untuk menggunakan kendaraan listrik,” kata Jodie. 

Untuk diketahui, saat ini BMW punya beberapa line-up mobil listrik. Paling terjangkau ada BMW i3 yang dihargai sekitar Rp 1,3 miliar. 

Sementara BMW i8 tersedia dua varian, model coupe dibanderol sekitar Rp 3,6 miliar dan model roadster sekitar Rp 3,9 miliar. 

Baca Juga: Akhirnya, Avanza kalahkan penjualan Xpander di September 2019

Menurut Jodie, dengan aturan BBN-KB yang baru, konsumen akan diuntungkan dengan skema pajak lebih murah. “Hal ini berpengaruh terhadap harga pajak yang harus ditanggung oleh pelanggan. Otomatis harga on the road lebih terjangkau,” ucapnya. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Akan Gratiskan BBN-KB, Harga Mobil Listrik BMW Bisa Lebih Murah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru