Anti Diretas, Ini Cara Mengganti Email Instagram dengan yang Baru

Rabu, 21 Februari 2024 | 10:22 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Anti Diretas, Ini Cara Mengganti Email Instagram dengan yang Baru

ILUSTRASI. Anti Diretas, Ini Cara Mengganti Email Instagram dengan yang Baru. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.


TIPS & TRIK - JAKARTA. Ikuti petunjuk cara mengganti email Instagram melalui aplikasi di HP. Pengguna bisa mengganti email lama dengan yang baru untuk login Instagram.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk membagikan foto dan video. Setiap akun Instagram yang dibuat wajib menggunakan email yang aktif untuk login.

Pengguna bisa saja ingin menggunakan email Instagram baru. Saat ini, platform berikut ada banyak fitur untuk setiap pengguna termasuk mengganti email Instagram.

Fungsi email di Instagram cukup penting mengingat setiap akun harus terintegrasi dengan setiap alamat tersebut. Langkah ini bisa meningkatkan keamanan akun dengan menggunakan email yang lebih aktif.

Selain itu, email yang baru bisa mempermudah pemulihan akun jika lupa kata sandi. Tak hanya itu, email baru bisa memisahkan akun Instagram dari email lama yang tidak terpakai.

Baca Juga: Flipside Instagram Tidak Muncul? Ini yang Harus Anda Ketahui Tentang Fitur Baru di IG

Fungsi email di Instagram

Email untuk Instagram

Pada Instagram, email umumnya digunakan untuk beberapa fungsi utama:

  • Pendaftaran Akun: Saat Anda membuat akun baru di Instagram, Anda akan diminta untuk menyertakan alamat email. Email ini digunakan untuk mengelola dan mengamankan akun Anda.
  • Verifikasi Akun: Instagram dapat mengirimkan email verifikasi untuk memastikan bahwa akun Anda valid. Verifikasi ini mungkin melibatkan tautan yang perlu diklik atau kode yang perlu dimasukkan untuk membuktikan kepemilikan akun.
  • Pemulihan Akun: Jika Anda lupa kata sandi atau mengalami masalah akses ke akun Instagram Anda, Instagram dapat menggunakan email untuk membantu Anda memulihkan akun tersebut.
  • Notifikasi Aktivitas: Instagram dapat mengirimkan notifikasi melalui email tentang aktivitas pada akun Anda, seperti pemberitahuan tentang pesan baru, pengikut baru, atau aktivitas lainnya.
  • Pemberitahuan Keamanan: Jika ada aktivitas yang mencurigakan atau perubahan penting pada akun Anda, Instagram mungkin mengirimkan pemberitahuan ke email Anda sebagai langkah keamanan.

Selanjutnya, langkah berikutnya adalah menyiapkan alamat email baru pada opsi yang terletak dalam menu pengaturan Instagram. Setelah konfirmasi perubahan email dilakukan, alamat email yang baru ditetapkan akan terkait dengan akun Instagram pengguna.

Dari titik tersebut, pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan email baru tersebut sebagai sarana masuk ke akun Instagram dan menerima notifikasi serta pemberitahuan dari platform ini.

Itulah rangkaian langkah dan panduan mengenai cara mengubah alamat email Instagram melalui aplikasi di HP.

Baca Juga: Instagram Tidak Menampilkan Kontak Telepon, Begini Cara Memperbaikinya

Cara mengganti email Instagram

Berikut ini langkah mudah dari cara mengubah alamat email Instagram bagi pengguna melalui aplikasi.

  1. Buka aplikasi Instagram di HP.
  2. Klik menu Profil.
  3. Pilih menu Akun.
  4. Klik Informasi Pribadi.
  5. Klik Alamat Email.
  6. Klik Hapus email lama.
  7. Ketikan Alamat Email Instagram.
  8. Ketuk ikon Centang di bagian kanan atas.
  9. Buka Email Baru pada browser atau aplikasi.
  10. Klik Email Konfirmasi dari Instagram.
  11. Email instagram berhasil terganti.

Pastikan email yang Anda masukkan tidak diketahui kata sandinya oleh orang lain demi keamanan semua akun, termasuk Instagram.

Itulah panduan mengenai cara mengganti email Instagram bagi pengguna bisa diterapkan dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru