Apa itu Daging Brisket? Ketahui 4 Hal Berikut Sebelum Memasaknya

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:02 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Apa itu Daging Brisket? Ketahui 4 Hal Berikut Sebelum Memasaknya

ILUSTRASI. Ilustrasi potongan daging brisket.


KONTAN.CO.ID - Apa itu Daging Brisket? atau juga disebut sandung lamur mungkin sedikit  asing di telinga orang awan dengan jenis bagian daging sapi ini. Melalui artikel ini akan sedikit dibahas beberapa hal tentang daging brisket agar bisa dijadikan menu saat liburan.

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) memasak daging panggang adalah salah satu menu yang cocok bersama orang-orang terdekat. Namun, sebelum memasak daging panggang ketahui dulu jenis dan bagian potongan dagingnya. 

Daging Brisket merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang bisa diolah menjadi beberapa menu masakan. Mulai dari dipanggang, soto, rawon, krengsengan, yakiniku dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Camilan Sehat dan Enak yang Cocok Dimakan saat Diet

Melansir dari Real Simple, berikut beberapa fakta menarik tentang daging brisket sandung lamur yang perlu diketahui:

1. Daging Brisket adalah Otot Pec
Sama seperti seorang binaragawan yang memiliki otot kencang di bagian dada yaitu otot pectoralis, sapi juga memiliki otot dada yang besar dan kuat. Otot tersebutlah yang merupakan daging brisket atau sandung lamur yang biasanya dipotong. 

Daging brisket atau sandung lamur ini umumnya memiliki berat 12 hingga 20 pon atau setara 5,4 sampai 9 kilogram. 

2. Memiliki serat dan jaringan ikat yang banyak
Daging brisket ini merupakan salah satu otot yang kuat, oleh karena itu daging ini memiliki serat dan jaringan ikat yang banyak dan kuat. 

Sehingga disarankan, saat memasak daging brisket menggunakan api kecil dengan waktu yang lama. Hal tersebut dilakukan agar jaringan pada daging brisket bisa terpecah sehingga menghasilkan daging yang lembut.

Baca Juga: Tarik Tunai OVO di ATM BCA, Simak Cara Berikut Ini

3. Memiliki potongan rahasia
Karena daging brisket ini memiliki ukurang yang cukup besar, umumnya sandung lamur ini dipotong menjadi dua bagian. Sebagian besar memberikan potongan pertama, yang sering disebut flat karena lebih ramping dan irisannya rapi. 

Tetapi anda bisa memotong daging brisket dengan potongan kedua, yaitu dibagian titik dek. Pasalnya bagian tersebut akan dilapisi lemak yang membuat daging brisket semakin enak saat dimasak. 

4. Potongan itu penting
Umumnya daging brisket dimasak dengan dua cara yaitu diasap atau direbus yang mana akan menghasilkan rasa yang berbeda. 

Jika daging brisket di akan dimasak dengan cara asap disarankan untuk memakai potongan daging kedua, pasalnya agar daging dan lemak lebih tebal serta gemuk sehingga akan kering jika dimasak berjam-jam. Hal tersebut menyebabkan daging wangi asap dan menambah cita rasa daging.

Namun, jika daging brisket akan dimasak dengan cara direbus umumnya menggunakan potongan pertama. Hal tersebut dikarenakan potongannya lebih tipis dan rapih sehingga daging akan terlihat lebih segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru