Apa Itu Daycare untuk Anak? Kenali Jenis hingga Manfaatnya

Jumat, 02 Agustus 2024 | 05:32 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Itu Daycare untuk Anak? Kenali Jenis hingga Manfaatnya

ILUSTRASI. Fasilitas Daycare untuk Anak. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


EDUKASI - JAKARTA. Kenali apa itu Daycare yang menjadi pilihan bagi orang tua yang sedang sibuk. Konsep penitipan anak ini sedang digandrungi oleh orang tua yang memastikan sang buah hati terjaga dengan baik.

Daycare tidak hanya menawarkan tempat yang aman bagi anak-anak, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Dalam lingkungan yang terstruktur dan mendukung, anak-anak dapat berkembang secara sosial, emosional, dan kognitif, sementara orang tua dapat bekerja dengan tenang, mengetahui bahwa buah hati mereka berada di tangan yang baik.

Lalu, apa itu Daycare? Terdapat penjelasan konsep hingga manfaat yang baik untuk anak-anak.

Baca Juga: Moms, Ini 6 Keuntungan Masuk Daycare buat Persiapan Anak Sebelum Sekolah

Fasilitas penitipan anak

Apa Itu Daycare?

Daycare atau tempat penitipan anak adalah fasilitas yang menyediakan perawatan dan pengasuhan bagi anak-anak selama waktu tertentu, biasanya saat orang tua bekerja atau memiliki kegiatan lain.

Nah, Daycare dapat berupa pusat penitipan anak yang besar atau pengasuhan di rumah yang dikelola oleh individu atau kelompok.

Daycare ditujukan untuk orang tua atau wali yang membutuhkan tempat aman dan terpercaya untuk anak-anak selama jam kerja atau ketika memiliki keperluan lain. 

Anak-anak yang biasanya berada di daycare berusia mulai dari bayi hingga anak usia pra-sekolah, namun ada juga daycare yang menyediakan layanan untuk anak-anak usia sekolah setelah jam sekolah.

Daycare dapat bersifat harian, mingguan, atau bahkan hanya beberapa jam sehari, tergantung pada kebutuhan orang tua dan fasilitas yang ditawarkan oleh daycare tersebut.

Manfaat Daycare

Melansir dari laman Web MD, ada beberapa manfaat Daycare untuk anak dan juga orang tua.

1. Pengasuhan yang Aman dan Terjamin

Adanya lembaga seperti Daycare menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi anak-anak. Pihak daycare biasanya terlatih dalam mengurus anak-anak, termasuk menangani situasi darurat.

2. Pengembangan Sosial dan Emosional

Anak-anak yang berada di daycare memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya, yang membantu dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Anak bisa belajar berbagi, bekerja sama, dan membangun hubungan dengan orang lain.

3. Pendidikan dan Pengembangan Kognitif

Ada beberapa pilihan daycare menawarkan program pendidikan yang dirancang untuk membantu perkembangan kognitif anak. Kegiatan seperti bermain, mendengarkan cerita, bernyanyi, dan permainan edukatif lainnya merangsang perkembangan mental.

4. Kegiatan yang Terstruktur

Daycare sering memiliki jadwal kegiatan yang terstruktur, termasuk waktu bermain, makan, tidur siang, dan aktivitas lainnya. Struktur ini membantu anak-anak belajar disiplin dan rutinitas.

5. Dukungan untuk Orang Tua

Daycare memberikan dukungan besar bagi orang tua yang bekerja atau memiliki komitmen lain. Dengan adanya daycare, orang tua dapat bekerja dengan tenang karena anak-anak mereka dalam perawatan yang baik.

Baca Juga: Waspada Mata Kering pada Anak! Dampak Buruk Screen Time Berlebihan pada Era Digital

Jenis Daycare

Ada beberapa peraturan daycare yang baik akan sesuai dengan kebutuhan anak dan kebutuhan keluarga.

  • Daycare penuh waktu: Ini adalah program perawatan anak kelompok yang memiliki penyedia layanan perawatan paruh waktu atau penuh waktu. Lembaga ini berlisensi dengan standar yang mengatur keselamatan, kesehatan, ruang, dan staf.
  • Perawatan anak keluarga: Perawatan ini dilakukan di rumah yang berbeda dari rumah tempat anak tersebut tinggal. Jika rumah tersebut merawat lebih dari tiga anak yang tidak ada hubungan keluarga, penyedia harus memiliki lisensi, tergantung pada lokasi negara bagian.
  • Perawatan anak di rumah: Perawatan ini berlangsung di rumah orang tua sang anak. Sehingga, pengasuhnya adalah kerabat anak tersebut, atau bisa jadi seorang pengasuh.

Sebelum memilih daycare untuk anak

Orang tua yang bekerja dan sibuk dapat mempertimbangkan pemakaian daycare. Artinya, Daycare akan buka dari sekitar dari pagi hingga malam hari.

Untuk itu, orang tua dapat membayarkan biaya dalam hitungan per hari, mingguan, hingga bulanan. Biasanya, tidak ada fleksibilitas dalam memilih jam yang Anda butuhkan secara khusus.

Pastikan Anda memilih Daycare dengan peraturan, fasilitas, dan pengasuh yang terpercaya dan terorganisir. Sehingga, Daycare dapat mampu mengakomodir rutinitas, kebutuhan, atau minat individu anak-anak.

Anak-anak juga dapat terbiasa dengan penyedia layanan tertentu dan menyukai kegiatannya.

Demikian penjelasan terkait daycare untuk anak-anak agar mendapatkan manfaat belajar dan mengenal lingkungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru