Apa itu iPhone Refurbished? Pengertian, Kelemahan, dan Cara Cek Perangkat

Rabu, 27 Desember 2023 | 10:23 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa itu iPhone Refurbished? Pengertian, Kelemahan, dan Cara Cek Perangkat

ILUSTRASI. iPhone Refurbished dari Pengertian, Kelemahan, dan Cara Cek Perangkat


APPLE - JAKARTA. Kenali apa itu iPhone dan iPad Refurbished yang banyak beredar. Perangkat refurbished telah menjadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin memiliki perangkat Apple dengan budget yang lebih terjangkau.

iPhone refurbished menjadi perangkat Apple bekas yang telah direstorasi dan diperbaiki untuk dijual kembali. Meskipun menawarkan potensi untuk menghemat uang, keputusan untuk membeli iPhone refurbished tidak datang tanpa pertimbangan.

Dari kualitas perangkat hingga garansi yang ditawarkan, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan agar pembeli dapat membuat keputusan yang cerdas dan memuaskan.

Selain itu, Anda perlu mengenal beberapa risiko pembelian hingga cara mengenali perangkat iPhone maupun iPad refurbished.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur StandBy Mode iOS 17 bagi Pengguna iPhone

Apa itu kata iPhone refurbished?

APPLE-IPHONE

IPhone rekondisi telah melalui proses pemulihan dan pengujian yang dilakukan oleh para profesional untuk memastikan bahwa perangkat tersebut berfungsi seperti baru. Proses ini melibatkan perbaikan yang diperlukan, termasuk penggantian komponen yang rusak seperti baterai.

Perangkat rekondisi harus melewati pemeriksaan fungsional dan diharapkan memiliki kinerja yang setara dengan perangkat baru.

Melansir dari Backmarket, istilah "refurbished" tidak selalu memiliki arti yang konsisten di semua situs web atau penjual. Beberapa penjual mungkin mencantumkan iPhone bekas sebagai produk rekondisi tanpa melakukan perbaikan atau pengujian yang memadai. Ada pula penjual yang melakukan perbaikan sebagian dan memeriksa beberapa fungsi ponsel.

Namun, beberapa di antara mereka mungkin memiliki standar kualitas yang rendah dan menawarkan iPhone dengan baterai usang atau kualitas yang tidak sebanding dengan harga yang diminta.

Ketidakpastian ini sering membuat konsumen ragu untuk membeli iPhone rekondisi. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan riset secara teliti terkait istilah "refurbished" yang digunakan oleh setiap penjual sebelum melakukan pembelian.

Baca Juga: 2 Cara Melacak Perangkat iPad dengan Fitur Find My dan iCloud

Kelemahan perangkat iPhone dan iPad Refurbished

Meskipun iPhone refurbished dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan perangkat Apple dengan harga yang lebih terjangkau, ada beberapa kelemahan atau risiko yang perlu diperhatikan:

  • Kualitas Variabel: Kualitas perangkat refurbished dapat bervariasi tergantung pada di mana Anda membelinya. Beberapa vendor atau penjual mungkin tidak melakukan perbaikan atau pengujian dengan baik, sehingga kualitas perangkat bisa meragukan.
  • Baterai yang Tidak Baru: Meskipun sebagian besar perangkat refurbished mendapatkan penggantian baterai, beberapa penjual mungkin menggunakan baterai bekas yang telah digunakan untuk waktu yang lama. Baterai yang sudah tua mungkin tidak bertahan lama atau memberikan performa yang optimal.
  • Kurangnya Pembaharuan Perangkat Lunak: Beberapa perangkat refurbished mungkin masih menjalankan versi perangkat lunak yang lebih lama. Ini bisa menjadi masalah jika Anda menginginkan akses ke fitur-fitur terbaru atau keamanan yang diperbarui.
  • Ketidakjelasan Sejarah Pemakaian: Meskipun perangkat mungkin telah direstorasi dan diperbaiki, sejarah pemakaian sebelumnya tidak selalu jelas. Beberapa perangkat mungkin telah mengalami kerusakan atau masalah yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Cara cek iPhone refurbished atau tidak

Penting untuk dicatat bahwa perbaikan ponsel pintar masih merupakan area abu-abu, dan pengetahuan tentang nomor model dapat memberikan petunjuk tentang asal usul iPhone tersebut:

- Buka menu Pengaturan iPhone

- Cari menu About atau Tentang

- Cek bagian model number

  • Nomor model dimulai dengan M: Dibeli baru dari Apple.
  • Nomor model dimulai dengan F: Merupakan iPhone Refurbished oleh Apple atau operator.
  • Nomor model dimulai dengan P: Dijual sebagai iPhone yang dipersonalisasi dengan ukiran.
  • Nomor model dimulai dengan N: Disediakan oleh Apple sebagai perangkat pengganti iPhone yang tidak berfungsi.

Dengan memperhatikan nomor model dapat membantu mengungkap informasi tentang keaslian dan riwayat iPhone yang akan dibeli.

Itulah panduan mudah untuk mengenal apa itu iPhone atau iPad refurbished dan cara cek pada bagian perangkat dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru