Apa itu Lock Chat atau Kunci Chat di WhatsApp? Simak Penjelasan dan Cara Pakai

Selasa, 16 Mei 2023 | 11:24 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apa itu Lock Chat atau Kunci Chat di WhatsApp? Simak Penjelasan dan Cara Pakai

ILUSTRASI. Apa itu Lock Chat atau Kunci Chat di WhatsApp? Simak Penjelasan dan Cara Pakai


WHATSAPP -  Apa itu Kunci Chat atau Lock Chat? Simak penjelasan fitur WA yang terbaru ini. Fitur Kunci Chat atau Lock Chat memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan chat atau obrolan Anda dari daftar obrolan hingga menghilangkan notifikasi.

Sudah tahu, belum? Baru-baru ini WhatsApp mengumumkan fitur baru yang bernama "Kunci Chat" atau "Lock Chat". Fitur baru WA ini bertujuan untuk menjaga pesan Anda tetap privat dan aman.

Menariknya lagi, fitur Kunci Chat atau Lock Chat di WahtsApp ini mampu menyembunyikan kontak tertentu di daftar chat atau kotak masuk hingga notifikasi pesan masuk.

Dengan begitu, chat paling rahasia Anda di WhatsApp bakal aman dan tetap privat. Anda juga tidak pelru khawatir apabila orang lain mungkin mengecek isi WhatsApp Anda, maka tidak akan menemukan pesan dari kontak yang chat atau obrolannya dikunci atau di-lock.

Seperti yang dikutip dari blog resmi WhatsApp, fitur Kunci Chat atau Lock Chat ketika aktif bakal menghapus utas chat dari kotak masuk dan ditempatkan folder khusus. Untuk mengakses folder khusus Kunci Chat atau Lock Chat ini membutuhkan kata sandi atau sidik jari atau metode keamanan biometrik lainnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur Kunci Pesan atau Lock WhatsApp ini juga secara otomatis menyembunyikan isi chat di notifikasi ketika pesan masuk.

Baca Juga: FF Advance Server Mei 2023 OB40, Cara Daftar dan Link Resmi Free Fire Advance Server

Menurut pihak WhatsApp, fitur Kunci Chat atau Lock Chat di WA ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang terkadang perlu berbagi ponsel dengan keluarga atau orang lain dalam beberapa kesempatan. Dan ketika chat rahasia itu masuk, mereka dapat merasa lebih aman dan terjaga privasinya.

Fitur Kunci Chat atau Lock Chat WhatsApp

Meski fitur Kunci Chat atau Lock Chat ini baru saja diluncurkan, pihak pengembang WhatsApp juga telah mempersiapkan beberapa opsi tambahan dalam beberapa bulan ke depan. Termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping dan membuat kata sandi khusus untuk chat.

Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan kata sandi unik yang berbeda dari kata sandi yang digunakan mengunci ponsel pintar.

Mau cobain fitur yang Kunci Pesan atau Lock Chat di WhatsApp? Sebelum itu, pastikan Anda telah melakukan update WhatsApp ke versi terbaru, yaitu 2.23.10.71 untuk pengguna Android dan versi 2.23.9.77 untuk pengguna iPhone (iOS).

Jika update masih belum muncul, cek secara berkala di Play Store atau App Store untuk memastikan apakah update WhatsApp terbaru ini sudah tersedia atau belum.

Untuk mengaktifkan fitur Kunci Pesan atau Lock Chat di WhatsApp, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca Juga: Link Download Seal M APK Android dan iOS Resmi, Berikut Info Ukuran Game Terbaru ini

Cara mengaktifkan Kunci Pesan atau Lock Chat di WhatsApp:

  1. Ketuk info chat pada kontak tertentu yang ingin Anda aktifkan fitur Kunci Chat atau Lock WhatsApp
  2. Lalu ketuk Kunci chat ini dengan sidik jari lalu konfirmasi dengan sidik jari Anda
  3. Ketuk Lihat untuk melihat chat di folder Chat yang dikunci

Cara melihat chat yang dikunci

Setelah mengaktifkan fitur Kunci Chat atau Lock Chat di WhatsApp, simak langkah berikut ini untuk melihat isi chat yang dikunci:

  1. Buka tab Chat lalu tarik ke bawah
  2. Ketuk folder Chat yang dikunci
  3. Gunakan sensor sidik jari atau atau kata sandi lainnya untuk membuka kunci
  4. Ketuk chat untuk melihat atau mengirim pesan

Cara mematikan kunci chat

Jika Anda ingin menampilkan chat atau obrolan dari fitur Kunci Chat atau Lock Chat, simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketuk info chat > Kunci chat
  2. Ketuk Matikan lalu konfirmasi dengan sidik jari atau kata sandi 

Terlihat mudah, bukan? Cobain sekarang fitur Kunci Chat atau Lock Chat di WhatsApp, jika masih belum muncul cek update secara berkala, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru