Apa Itu Metaverse? Begini Cara Kerjanya

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Metaverse? Begini Cara Kerjanya


FACEBOOK - Jakarta. Metaverse adalah hal yang beberapa waktu ini ramai dibicarakan oleh warganet. Apa itu Metaverse?

Seperti diberitakan, baru-baru ini pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg ingin menciptakan dunia virtual yang menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality melalui Metaverse. 

AR atau augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda tersebut secara realitas dalam waktu nyata.

Sementara virtual reality (VR) adalah teknologi yang mampu menciptakan simulasi. Simulasi ini bisa mirip seperti dunia nyata, seperti suasana saat pengguna berjalan-jalan di sebuah tempat. 

Lalu sebenarnya Metaverse itu apa? Simak penjelasan mengenai Metaverse dalam artikel berikut ini. 

Baca Juga: Metaroid, NFT Marketplace dengan Fitur Media Sosial Pertama di Indonesia

Apa itu Metaverse? 

Metaverse adalah sebuah konsep dunia virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri. 

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, orang-orang dapat bekerja, bertemu, bermain dengan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, atau perangkat lainnya. 

Namun, sebenarnya istilah Metaverse ditulis oleh Neal Stephenson di novel Snow Crash pada 1992.

Baca Juga: Take Two Menawar Pembuat FarmVille dalam Kesepakatan Bernilai US$ 11 Miliar

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru