Apa Itu Pemanasan Global? Ini Dampaknya untuk Lingkungan

Jumat, 15 April 2022 | 16:01 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Pemanasan Global? Ini Dampaknya untuk Lingkungan

ILUSTRASI. Apa Itu Pemanasan Global? Ini Dampaknya untuk Lingkungan. REUTERS/Hannibal Hanschke


PEMANASAN GLOBAL -Jakarta. Pemanasan global atau global warming adalah fenomena meningkatnya suhu Bumi yang dipicu oleh kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan penggunaan bahan fosil dan kegiatan alih guna lahan. 

Dirangkum dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud, penggunaan bahan fosil dan alih guna lahan ini menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2) melalui proses yang disebut efek rumah kaca.

Sementara, efek rumah kaca terjadi karena peningkatan suhu Bumi akibat suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer Bumi. Prosesnya mirip seperti rumah kaca yang berfungsi untuk menjaga kehangatan suhu tanaman di dalamnya. 

Peningkatan suhu dalam rumah kaca terjadi karena adanya pantulan sinar matahari oleh benda-benda yang ada di dalam rumah kaca yang terhalang oleh dinding kaca, maka udara panas tidak dapat keluar (greenhouse effect).

Lantas, apa dampak pemanasan global?

Baca Juga: Menerka Nasib Twitter Setelah Kedatangan Elon Musk

Dampak pemanasan global 

Dampak pemanasan global yakni dapat meningkatkan suhu permukaan Bumi. Suhu Bumi yang meningkat dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan ekosistem lainnya karena adanya perubahan iklim dunia.

Salah satu contoh dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global adalah mencairnya glasier dan es di kutub. Hal ini akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut dan membuat sebagian daerah terendam air laut.

Contoh dampak buruk lainnya dari pemanasan global adalah seperti curah hujan yang tinggi, kegagalan panen, hilangnya terumbu karang, kepunahan berbagai spesies, hingga penipisan lapisan ozon pada atmosfer bumi.

Baca Juga: Beasiswa Terbaik Pertamina Sobat Bumi Hadir untuk Mahasiswa dari 38 Kampus

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru