Sport

Apa Kabar Juergen Klopp? Ini Berita Terbaru Mantan Pelatih Liverpool Tersebut

Rabu, 09 Oktober 2024 | 16:09 WIB Sumber: Reuters
Apa Kabar Juergen Klopp? Ini Berita Terbaru Mantan Pelatih Liverpool Tersebut

ILUSTRASI. Soccer Football - Premier League - Liverpool v Arsenal - Anfield, Liverpool, Britain - September 28, 2020. Liverpool manager Juergen Klopp talks to the media after the match Pool via REUTERS/Paul Ellis 


SEPAK BOLA - BERLIN. Pelatih asal Jerman Juergen Klopp resmi ditunjuk sebagai Kepala Sepak Bola Global Red Bull, perusahaan yang memiliki beberapa klub seperti RB Leipzig dan New York Red Bulls.

Ini merupakan pekerjaan pertamanya setelah meninggalkan Liverpool pada awal tahun ini, demikian diumumkan perusahaan tersebut pada Rabu (9/10).

Klopp, yang mengakhiri masa kepemimpinan suksesnya selama sembilan tahun di Liverpool pada akhir musim lalu, akan memulai tugas barunya pada 1 Januari 2025.

Baca Juga: Mohamed Salah Bersinar, Liverpool Tetap Gemilang di Liga Champions

"Setelah hampir 25 tahun berada di sisi lapangan, saya tidak bisa lebih bersemangat lagi untuk terlibat dalam proyek seperti ini," ujar Klopp, yang juga pernah melatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund, dalam sebuah pernyataan.

"Peran saya mungkin telah berubah, tetapi gairah saya untuk sepak bola dan orang-orang yang membuat permainan ini begitu istimewa tetap sama."

Pelatih berusia 57 tahun ini bergabung dengan Liverpool pada Oktober 2015 dan memenangkan sejumlah trofi bergengsi, termasuk Liga Champions, gelar Liga Inggris pertama mereka sejak 1990, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, Piala Liga, Piala Super Eropa, serta Community Shield selama masa jabatannya.

Sebelum di Liverpool, Klopp juga membawa Borussia Dortmund meraih dua gelar Bundesliga, satu Piala Jerman, serta mencapai final Liga Champions pada 2013.

Baca Juga: 3 Pelajaran dari Kemenangan Liverpool di Liga Champions atas AC Milan

Klopp telah mengumumkan pada Januari lalu bahwa ia akan meninggalkan Liverpool di akhir musim.

Namun, Klopp tidak akan terlibat dalam operasi sehari-hari di klub-klub yang dimiliki Red Bull, termasuk yang berada di Jerman, Amerika Serikat, Brasil, dan Austria, menurut pernyataan perusahaan.

"Dia akan memberikan visi strategis, mendukung para direktur olahraga dalam mengembangkan filosofi Red Bull," ujar Red Bull dalam keterangan resminya.

Klopp juga akan mendukung operasi pencarian bakat global perusahaan tersebut, serta berkontribusi pada pelatihan dan pengembangan pelatih.

"Saya melihat peran saya terutama sebagai mentor bagi para pelatih dan manajemen di klub-klub Red Bull, namun pada akhirnya saya adalah bagian dari organisasi yang unik, inovatif, dan berorientasi masa depan. Seperti yang saya katakan, ini sangat membuat saya bersemangat," tambah Klopp.

Baca Juga: Liverpool: Kemenangan Pertama di Liga Champions Tanpa Jurgen Klopp

Beberapa media Jerman melaporkan bahwa kontrak Klopp dengan Red Bull mencakup klausul keluar jika ada tawaran untuk menjadi pelatih tim nasional Jerman.

Klopp telah lama dikaitkan dengan posisi tersebut, terutama setelah keberhasilannya di Liverpool, sementara tim nasional Jerman kesulitan memberikan dampak signifikan di panggung internasional dalam dekade terakhir.

Selanjutnya: NeutraDC Perkuat Posisi sebagai AI Enabler dan Penyedia Layanan Data Center Terkemuka

Menarik Dibaca: Waspada Bencana di 25 Provinsi, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok (10/10) Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru