Apa Saja Manfaat Makan di Atas Daun Pisang?

Kamis, 21 April 2022 | 06:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Apa Saja Manfaat Makan di Atas Daun Pisang?

ILUSTRASI. Ilustrasi makan di atas daun pisang.


KONTAN.CO.ID - Makan di atas daun pisang adalah salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa makan di atas daun pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan? 

Sebelumnya, daun pisang sering dijadikan untuk membungkus hingga alas makanan. Hal tersebut dipercaya dapat membuat sensasi makan menjadi lebih nikmat dari biasanya.

Bahkan, ada beberapa restoran yang menyedikan menu makanannya di atas daun pisang. Sehingga saat makan tidak menggunakan piring dan sendok. 

Baca Juga: 6 Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Catat!

Lantas apa manfaat makan di atas daun pisang? 

Melasir dari NDTV, berikut manfaat makan di atas daun pisang, di antaranya: 

Kaya Antioksidan

Daun pisang mengandung banyak polifenol yang merupakan antioksidan alami yang sering ditemukan di makanan nabati atau teh hijau. Ini sebabnya makanan yang disajikan di atas daun pisang bisa menyerap polifenol yang dikatakan dapat mencegah banyak penyakit. 

Selian itu, daun pisang juga dikatakan memiliki sifat antibakteri yang mungkin dapat membunuh kuman dalam makanan.

Ekonomis

Makan di atas daun pisang adalah salah satu pilihan yang paling ekonomis dan murah. Tentunya sangat bermanfaat, karena Anda tidak perlu khawatir menghabiskan uang ekstra untuk membeli peralatan makan. 

Baca Juga: Wajib Ada Saat Lebaran, Begini Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lumer

Ramah Lingkungan

Manfaat makan di atas daun pisang selanjutnya yaitu ramah lingkungan. Makan di atas daun lisanh adalah salah satu cara menjaga lingkungan, pasalnya daun pisang lebih mudah terurai jika dibandingkan dengan plastik.

Selain itu, dengan makan di atas daun pisang juga menghemat waktu dan tenaga karena tidak usah mencuci piring. Serta tidak perlu menggunakan sabun berbahan kimia yang dapat mencemarkan lingkungan.

Higienis

Tradisi makan di atas daun bisa dibilang lebih higienis. Pasalnya, peralatan makan biasanya dicuci menggunakan sabun yang berisiko meninggalkan bekas yang bisa mencemari makanan. 

Sedangkan daun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang dapat mencegah kotoran atau debu menempel di permukaan daun sehingga makanan menjadi lebih higienis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru