Apa yang Disebut Planet Luar Surya? Begini Penjelasannya, Termasuk Jumlahnya

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:35 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apa yang Disebut Planet Luar Surya? Begini Penjelasannya, Termasuk Jumlahnya

ILUSTRASI. Apa yang Disebut Planet Luar Surya? Begini Penjelasannya, Termasuk Jumlahnya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apa yang disebut dengan Planet Luar Surya? Begini penjelasannya, lengkap dengan jumlah yang telah terkonfirmasi. Planet Luar Surya atau yang dikenal dengan exoplanet adalah sebutan untuk planet-planet yang berada di luar Tata Surya.

Berbicara tentang alam semesta, ada begitu banyak yang mungkin belum kita ketahui. Apalagi hal-hal yang berada di angkasa luar sana, mungkin masih banyak hal yang belum diketahui oleh beberapa orang.

Dalam pengetahuan umum, kita mengenal planet, bulan, matahari, dan semuanya yang tersusun rapi dalam sebuah sistem yang kita kenal dengan Tata Surya. 

Tata Surya ini terdiri dari beberapa benda langit yang memiliki orbitnya masing-masing. Seperti planet, bulan, atau bahkan jutaan benda langit lainnya seperti meteor, asteroid, dan juga komet.

Kita mengenal beberapa planet yang berada di Tata Surya, seperti: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan juga Neptunus.

Namun demikian masih banyak planet lain di luar Tata Surya yang mungkin belum kita ketahui. Planet-planet yang berada di luar Tata Surya inilah yang disebut sebagai Planet Luar Surya atau exoplanet.

Baca Juga: China Ciptakan Fasilitas Penelitian Bulan Buatan, Untuk Apa?

Pengertian Planet Luar Surya

ILUSTRASI: Planet Bumi

Secara sederhana, Planet Luar Surya atau exoplanet adalah planet di luar Tata Surya. HIngga saat ini ada ribuan planet yang berada di luar tata surya.

Diketahui sampai dengan 1 September 2021, terdapat 4.834 planet terkonfirmasi di dalam 3.572 sistem keplanetan, 795 di antaranya memiliki lebih dari satu planet.

Untuk mengetahui berapa banyak planet luar surya atau exoplanet ini, sebagian besar terdeteksi melalui metode pengamatan langsug kecepatan radial (radial velocity) dan metode-metode lainnya selain penginderaan.

Menariknya, sebagian besar planet luar surya yang ditemukan memiliki ukuran raksasa seperti Jupiter. Hal ini karena keterbatasan teknologi yang digunakan, sehingga planet-planet luar surya yang berukuran kecil mungkin sulit untuk terdeteksi.

Baca Juga: NASA Ajak Pantau Asteroid yang Berada di Dekat Bumi Lewat Situs Ini, Yuk Cek Sekarang

Berikut beberapa temuan penting terkait Planet Luar Surya atau exoplanet:

  • 47 Ursae Majoris b (1996), seperti planet Jupiter yang sejak awal ditemukan.
  • Upsilon Andromeda (1996), Sistem multi-planet yang pertama kali ditemukan di sektiar bintang deret-utama yang berisi tiga planet yang semuanya adalah seperti Jupiter.
  • Gliese 876 b dan Gliese 876 c (2000), dua planet yang ditemukan mengorbit sebuah bintang katai merah (Gliese 876(.
  • 55 Cancri (1996), Sistem multi-planet yang terkenal pertama kali ditemukan pada tahun 1996. Berisi 5 planet (b, c, d, e, f).
  • HD 10180 (2010), Sistem multi-planet yang terkenal ditemukan bulan Agustus 2010. Berisi 7 planet (b yang belum dikonfirmasi, c, d, e, f, g, dan h)
  • Kepler-1625b, planet luar surya atau exoplanet pertama yang ditemukan memiliki satelit alami yang mengitarinya.

Demikian pengertian mengenai Planet Luar Surya atau exoplanet hingga jumlah yang telah terkonfirmasi. Semoga informasi mengenai planet luar surya ini dapat menambah wawasan Anda terkait hal-hal yang berada di angkasa luar sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru