Apakah Aroma Wangi Bisa Meningkatkan Mood dan Percaya Diri?

Selasa, 07 Maret 2023 | 15:24 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apakah Aroma Wangi Bisa Meningkatkan Mood dan Percaya Diri?

ILUSTRASI. Aroma wewangian dapat membangkitkan emosi, memori, dan kepercayaan diri seseorang.


GAYA HIDUP - Mencium aroma wewangian bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, ternyata aroma wewangian dapat membangkitkan emosi, memori, dan kepercayaan diri seseorang.

Dirangkum dari laman Times of India, indra penciuman adalah indra yang sangat primitif. Indra penciuman telah memainkan peran penting sepanjang evolusi, mulai dari menemukan makanan hingga membedakannya dari zat beracun.

Satu hal yang membuat indra penciuman unik di antara indra lainnya adalah bahwa sel reseptornya sendiri adalah neuron. 

Dengan kata lain, saraf penciuman terdiri dari neuron dengan satu ujung berhubungan langsung dengan dunia luar dan ujung lainnya berhubungan langsung dengan otak, termasuk sistem limbik, area otak yang mengatur emosi.

Baca Juga: ReJuve Hadirkan True Cold-Pressed Juice Jambu Pertama dan Kelapa Kopyor

Aroma wangi dan kreativitas

Parfum

Sementara, menurut sebuah studi pada 2016 di jurnal ilmiah Brain Sciences, bau yang membangkitkan ingatan positif berpotensi meningkatkan emosi positif, menurunkan suasana hati yang negatif, dan mengurangi indeks fisiologis stres.

Dikutip dari laman Ninu Perfume, Rachel Herz, seorang ahli saraf dan ilmu psikologis penciuman menambahkan, kita dapat memanfaatkan bau untuk membangkitkan emosi atau respons yang diinginkan. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Kenali 5 Jenis Sabun Mandi dan Ciri-cirinya Sebelum Dipakai

Misalnya, untuk mengingat orang yang dicintai, meningkatkan emosi positif, menurunkan emosi negatif, memicu respons relaksasi atau memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, suasana hati yang positif ini juga bisa berpengaruh terhadap pikiran atau kreativitas (kognisi) dan cara kita bertindak (perilaku).

Dalam hal kognisi, suasana hati telah terbukti mempengaruhi kreativitas dengan temuan bahwa orang dalam suasana hati yang positif menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada individu dalam suasana hati yang buruk. 

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Penasaran?

Banyak literatur juga menunjukkan bahwa suasana hati yang positif terkait dengan peningkatan produktivitas, kinerja, dan kecenderungan untuk membantu orang lain. 

Sebaliknya, kehadiran bau tidak sedap mengurangi penilaian subyektif peserta dan meningkatkan frustrasi mereka. 

Jadi, saat Anda ingin melakukan hal produktif maka ciumlah aroma yang bisa membangkitkan semangat Anda untuk menciptakan suasana yang positif. 

Baca Juga: BCA Kolaborasi dengan HMNS Luncurkan Parfum Ruangan Premium The Scent of BCA

Aroma wangi dan kepercayaan diri 

parfum

Membangun kepercayaan diri merupakan perjalanan yang tidak singkat. Wanita dengan berbagai kesibukan, peran, dan tuntutan dalam hidupnya terkadang harus menunjukkan kepercayaan diri ketika sedang menghadapi suatu situasi. 

Terutama demi mengejar cita-cita yang ingin diraihnya. Kepercayaan diri seorang perempuan dapat terbangun karena beberapa faktor. 

Di antaranya penampilan yang menarik, baju yang keren, wangi, dan interpersonal skill seperti kemampuan komunikasi yang baik, hingga gerakan tubuh. Itu semua dapat dipelajari dan dibentuk, walaupun memerlukan perjalanan yang tidak singkat. 

Baca Juga: Mengurangi Nyeri Sendi, Ini 9 Manfaat Teh Melati Jika Diminum Setiap Hari

Dikutip dari keterangan resmi Royale Parfum Series by SoKlin, menurut Dessy Ilsanty, Psikolog Keluarga dan Pengembangan Diri, ada cara praktis untuk membangun kepercayaan diri pada seorang wanita, seperti power posing

“Power posing bisa dilihat sebagai tips praktis dalam membangun rasa percaya diri secara cepat. Belum tentu bertahan lama, tetapi paling tidak ketika seseorang butuh untuk memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi di saat tertentu, tips praktis ini bisa dengan mudah dilakukan,” ujar Dessy. 

Hal yang paling mudah dan sering orang lakukan adalah dengan mengangkat dagu atau chin up. Power posing dianjurkan untuk dilakukan agar ia tampak sebagai orang yang percaya diri untuk tampil menghadapi orang lain. 

Baca Juga: Kenali Yuk 6 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan Ya!

Lalu, berdiri tegak, punggung tidak membungkuk ketika duduk sekalipun. Power posing bisa menjadi alat komunikasi. Dengan melakukan power posing, kita seolah-olah ingin menyampaikan pesan bahwa kita punya ‘power’.

Supaya tidak hanya ‘power’ saja yang tersampaikan kepada orang lain, tampilkan komunikasi non verbal lainnya, seperti senyuman dan pandangan mata yang bersahabat. 

“Imbangi dengan komunikasi verbal yang menyampaikan pesan bahwa kita bukan sekedar orang yang punya power, tetapi juga sifat-sifat baik lainnya,” lanjut Dessy.

Baca Juga: 5 Wangi Parfum yang Cocok untuk Nge-date di Hari Valentine, Pasangan Auto Betah

Selain itu, salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri bisa juga dengan menggunakan parfum atau wewangian. Secara tidak langsung, ketika kita memiliki bau yang wangi atau enak, itu akan memunculkan pemikiran yang positif terhadap diri kita. 

Hal ini dapat membantu kita mengembangkan penilaian atau pemikiran yang juga positif terhadap lingkungan di luar diri maupun di dalam diri. 

"Makanya kalau kita pergi ke suatu acara dan bau tubuh mulai tidak enak, kita pasti akan menyemprotkan parfum atau wewangian agar kita bisa kembali percaya diri dan merasa lebih nyaman," ungkap dia dikutip dari Kompas.com (26/1/2023).  

Baca Juga: Nasi Bebek Pak Munawi, Bebek Hitam Berbalut Wijen dari Madura

"Sebab, semua rangsangan fisik itu membantu kita memunculkan perasaan yang positif terhadap diri kita sendiri," sambung dia. 

Kendati demikian, preferensi bau wewangian yang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang bisa berbeda-beda, tergantung sistem hormon yang memengaruhi. 

Dan dampaknya juga biasanya tidak terjadi secara cepat karena itu juga berkaitan dengan asosiasi memori. "Kalau kita mencium bau yang segar itu kan pemikirannya berenergi." 

Baca Juga: Pahami 6 Cara Menggunakan Body Mist biar Tahan Lama

"Membuat kita ingin melakukan sesuatu karena kita kaitkan dengan pagi hari, di mana orang biasanya berkegiatan terus udaranya sejuk dan enak," kata Dessy. "

Sama halnya dengan beberapa aroma yang mungkin bisa membuat kita lebih percaya diri, itu juga berkaitan dengan memori kita sebelumnya terhadap aroma tersebut." 

"Jadi, ketika kita berusaha memunculkan bau tertentu. Biasanya otak kita secara cepat akan mengasosiasikan bau itu dengan hal-hal yang memiliki memori baik," ujar dia.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, 9 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Ini Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Wings Group dan aroma Royal Parfum Series by SoKlin

Royale Parfum Series by SoKlin Ungkap Tren Dress for Success Tahun 2020

Eratnya asosiasi antara aroma dengan emosi, memori, bahkan rasa percaya diri seseorang membuat WINGS Group Indonesia, memberikan solusi atas permasalahan bau apek pada hijab dengan meluncurkan Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire. 

Dikutip dari keterangan resminya, Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire merupakan pelembut pakaian konsentrat dengan parfum mewah elegan berkelas yang terinspirasi dari wangi parfum para bangsawan. 

Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire ingin mengajak Royale Ladies untuk membuka dimensi aroma Royale (inspirasi wangi para bangsawan) dalam diri mereka agar semakin percaya diri.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Vagina Tidak Sedap Tanpa Mengunjungi Dokter

Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire dilengkapi dengan Fresh Guard Formula, yang mampu menyimpan kesegaran hingga serat kain terdalam sehingga memungkinkan hijab dan pakaian wangi segar seharian. 

Juga teknologi Royale Activ Touch yang mampu menebar wangi di setiap sentuhan. Dengan kata lain, semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin terasa pula wangi segarnya. 

“Oleh karena itu hijab dan pakaian kita akan wangi parfum para bangsawan sepanjang hari. Dan tentunya dengan mempraktikan tips-tips power posing, maka akan terpancar dimensi Royale (bangsawan) yang elegan dan mempesona dalam diri para Royale Ladies,” ujar Catherine Florencia, Brand Manager Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire.

Baca Juga: Sesuaikan Kebutuhan Kulit Sehat-mu Bersama Grace and Glow

Catherine juga menghimbau agar Royale Ladies memahami betul bagaimana material kain yang digunakan pada hijab dan pakaian kita. 

“Lebih baik bahan-bahan tertentu dapat dicuci dengan tangan, dan menggunakan pelembut pakaian, karena pelembut pakaian berfungsi untuk merawat dan menguatkan serat kain, sehingga benang-benangnya tidak mudah rusak atau terurai,” lanjut Catherine.

Irish Bella, public figure yang merupakan hijaber sudah tidak lagi mengalami masalah bau apek pada hijab. 

“Setelah aku pakai Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire, aku merasa lebih pede karena wangi hijab dan pakaianku bisa awet sepanjang hari,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru