Apakah makan di atas jam 8 malam bisa bikin gemuk? Ini penjelasannya

Jumat, 13 Agustus 2021 | 04:05 WIB Sumber: Kompas.com
Apakah makan di atas jam 8 malam bisa bikin gemuk? Ini penjelasannya

KONTAN.CO.ID - Banyak orang yang khawatir dengan kenaikan berat badan jika makan setelah jam 8 malam. Pada kenyataannya, jenis makanan yang dimakan jauh lebih penting dibandingkan waktu mengonsumsi makanan tersebut. 

Gagasan bahwa makan di malam hari dapat menambah berat badan berasal dari penelitian terhadap hewan yang menunjukkan bahwa tubuh dapat menggunakan kalori yang dikonsumsi secara berbeda pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. 

Beberapa penelitian menemukan hipotesis bahwa makan di malam hari bertentangan dengan ritme sirkadian. Menurut ritme sirkadian, malam hari adalah waktu untuk tubuh istirahat, bukan makan. 

Memang, beberapa penelitian terhadap hewan mendukung temuan ini. Namun, tidak semua penelitian pada manusia sepakat dengan gagasan tersebut. 

Baca Juga: Enam jenis karbohidrat ini ternyata tak merusak diet keto

Dilansir dari Healthline, faktanya, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa yang terpenting bukanlah waktu, melainkan jumlah makanan yang dikonsumsi. 

Sebuah penelitian terhadap 1.600 anak tidak menemukan kaitan antara makan malam di atas jam 8 dengan kelebihan berat badan. Dalam penelitian ini, orang yang makan malamnya terlambat tampaknya tidak mengonsumsi lebih banyak kalori. 

Namun, ketika melacak kebiasaan makan 52 orang dewasa, peneliti menemukan bahwa mereka yang makan lebih dari jam 8 malam mengonsumsi lebih banyak kalori total. Kalori tambahan yang dikonsumsi tersebut dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. 

Salah satu penjelasan mengenai hubungan antara makan di malam hari dan penambahan berat badan adalah kecenderungan orang yang terlambat makan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori. 

Baca Juga: Tak selalu bikin gemuk, lemak justru bisa bantu diet

Editor: Noverius Laoli
Terbaru