Gadget

Apakah VPN bikin main Mobile Legends jadi lag? Ini penjelasannya

Kamis, 01 Oktober 2020 | 08:30 WIB   Reporter: Arif Budianto
Apakah VPN bikin main Mobile Legends jadi lag? Ini penjelasannya

ILUSTRASI. Apakah VPN bikin main Mobile Legends jadi lag? Ini penjelasannya

KONTAN.CO.ID - Apakah main pakai VPN di Mobile Legends bakal bikin lag? Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan pemain Mobile Legends ketika sudah tidak ada pilihan lain lagi saat menemui lag. 

Mobile Legends: Bang Bang merupakan game online, artinya membutuhkan koneksi internet untuk bisa memainkannya. 

Bukan hanya sebatas terhubung dengan internet, koneksi yang stabil juga dibutuhkan agar pengalaman bermain Mobile Legends tetap nyaman.

Sayangnya tidak hanya satu atau dua orang saja yang kerap kali menemui permasalahn lag di Mobile Legends. Faktornya cukup banyak, lag bisa disebabkan karena permasalahan internet. Atau bisa juga karena device atau perangkatnya sudah terlalu tua, sehingga tidak bisa lagi menjalankan MLBB dengan baik.

Tetapi untuk lag yang disebabkan jaringan internet, VPN menjadi salah satu solusi.

Namun demikian, apakah VPN benar-benar bisa menghilangkan lag saat main Mobile Legends? Atau justru sebaliknya, apakah VPN menyebabkan lag?

Mengutip dari fanspage resmi Mobile Legends: Bang Bang di Facebook, mereka memberikan informasi hubungan antara VPN dan lag. 

Menurut pihak MLBB, VPN yang tidak stabil bisa menimbulkan lag pada jaraingan. Selain itu, Speed Mode (fitur bawaan MLBB) tidak bisa diaktifkan pada beberapa jaringan VPN.

Baca Juga: Klasemen MPL ID Season 6 terbaru Minggu ke-7, RRQ Hoshi perlahan bangkit!

Baca Juga: Moonton tarik hero Badang dari Mobile Legends, begini penjelasannya

Lalu, apakah jika bermain dengan tim yang menggunakan VPN, kita mengalami lag?

Pihak MLBB menambahkan, secara umum tidak akan berpengaruh. Namun demikian jika membuat Lobby dan si pembuatnya menggunakan VPN kemungkinan akan mengalami lag jaringan. 

Itu disebabkan karena VPN yang digunakan tersebut tidak sesuai dengan server yang dibutuhkan Mobile Legends. Dengan kata lain VPN tersebut mungikn tidak sanggup untuk menampung pemain-pemain dalam Lobby yang sama.

Oleh sebab itu pemain Mobile Legends yang berada di dalam Lobby yang sama bakal merasakan lag jaringan.

Pada dasarnya, Mobile Legends sudah memiliki fitur bawaan yang bisa mengatasi lag jaringan. Yaitu Speed Mode, fitur ini bisa meningkatkan pengalaman bermain Mobile Legends agar terhindar dari lag.

Speed Mode di Mobile Legends

Dengan mengaktifkan fitur Speed Mode, Mobile Legends memanfaatkan dua koneksi internet. Yakni wi-fi dan internet dari jaringan 4G atau paket data. 

Sehingga ketika koneksi wi-fi tidak stabil saat main Mobile Legends, otomatis paket data akan membantu meningkatkan kestabilan jaringan. 

Dengan demikian diharapkan ping Mobile Legends tetap stabil di warna hijau, sehingga pengalaman bermain tetap menyenangkan.

Bagaimana teman-teman? Sudah paham mengenai hubungan antara VPN dengan lag di Mobile Legends?

Selanjutnya: Moonton tarik hero Badang dari Mobile Legends, begini penjelasannya

 

 

 

 

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru