Gadget

Aplikasi dan game tidak berjalan full screen di Android 11, ini penyebabnya

Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:15 WIB   Penulis: Arif Budianto
Aplikasi dan game tidak berjalan full screen di Android 11, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Aplikasi dan game tidak berjalan full screen di Android 11, ini penyebabnya.

KONTAN.CO.ID - Sistem operasi (OS) Android 11 telah rilis beberapa waktu yang lalu. Hanya, sebagian pengguna Android 11 mengeluhkan aplikasi dan game tidak berjalan dalam full screen.

Mungkin karena masih baru, pengguna HP Android yang sudah update ke versi Android 11 kerap kali merasakan bug. Salah satu bug membuat aplikasi yang dibuka di Android 11 tidak bisa full screen atau berjalan dalam layar penuh.

Android merupakan salah satu sistem operasi yang begitu populer. Bagaimana tidak? Hampir kebanyakan ponsel pintar atau smartphone yang ada di pasaran, mungkin termasuk milik Anda, juga menggunakan OS Android.

Hingga saat ini, sudah banyak versi Android yang telah rilis dan digunakan oleh banyak ponsel pintar di seluruh dunia.

Baca Juga: Kurang dari seminggu, MOBA terbaru League of Legends: Wild Rift bisa dimainkan!

Terbaru, Android menginjak versi ke-11. Rilis awal September 2020 lalu, Android 11 memang belum banyak tersedia untuk banyak ponsel pintar.

Baru sebagian ponsel pintar high-end atau flagship telah mendapatkan update Android 11. Umurnya yang masih muda, membuat Android 11 belum begitu optimal berjalan di ponsel pintar. 

Mengutip dari Androidpolice.com, aplikasi khususnya game mobile di Android 11 tidak bisa berjalan dalam layar penuh gara-gara bug

Bug ini menimbulkan aplikasi atau game yang sedang berjalan masih muncul bagian navigasi yang terlihat mengganggu.

Baca Juga: Biar lebih berguna, pembuat Among Us bakal rombak kemampuan hantu

Bug Android 11, tombol navigasi masih terlihat meskipun sedang membuka aplikasi; Credit: Androidpolice

Bagi sebagian orang, mungkin bug ini tidak terlalu berpengaruh. Tetapi bagi gamer yang umumnya menggunakan satu layar penuh untuk mengontrol permainan, pasti sangat mengganggu.

Ketika mereka ingin menekan tombol tertentu, tanpa disengaja mereka bisa menekan tombol navigasi. Menutup layar ketika bermain, dalam kondisi yang krusial pasti para gamer sangat kesal.

Androidpolice.com melaporkan, sebagian pengguna HP Samsung dengan Android 11 dan UI 3.0 merasakan bug tersebut. Bug ini telah terjadi selama tahap beta Android 11.

Namun, sampai sekarang Google masih belum bisa membenahi bug yang cukup mengganggu ini.

Untuk sementara, solusinya adalah membuka ulang aplikasi yang kedapatan tidak berjalan full screen. Mungkin tidak berjalan untuk semua aplikasi, tergantung aplikasi tertentu.

Selanjutnya: Masih beta, kelak WhastApp web bisa melakukan panggilan telepon dan video call

 

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru