Aplikasi direct message Instagram dikabarkan akan ditutup

Senin, 20 Mei 2019 | 14:20 WIB Sumber: Kompas.com
Aplikasi direct message Instagram dikabarkan akan ditutup


INSTAGRAM - JAKARTA. Baru dua tahun diluncurkan, aplikasi pesan langsung (direct message/DM) stand alone Instagram, Direct, dikabarkan akan ditutup. 

Kabar ini pertama kali dihembuskan oleh pengulas aplikasi Matt Navarra melalui akun Twitternya, @MattNavarra. Ia mengunggah tangkapan layar berisi notifikasi bahwa aplikasi Direct akan segera pensiun. 

"Dalam beberapa bulan ke depan, kami tidak akan lagi memberikan dukungan untuk aplikasi Direct. Percakapan Anda akan secara otomatis kembali ke (fitur Direct Message) Instagram, jadi tidak ada yang perlu dilakukan," tulis notifikasi tersebut. 

Dengan kata lain, meski aplikasi Direct sudah ditutup nanti, pengguna akan tetap bisa berikirim Direct Message lewat aplikasi utama Instagram. 

Dirangkum KompasTekno dari Mac Rumors, Instagram telah mengonfirmasi hal ini dan mengatakan akan terus memperkaya fitur-fitur baru di direct message Instagram reguler. 

Beberapa fitur yang masih dalam uji coba di antaranya adalah enkripsi pesan, menonton video dengan pengguna lain, dan fitur DM di Instagram versi desktop. Aplikasi "Direct" memang kurang terdengar gaungnya. 

Sebab, aplikasi itu hanya tersedia di beberapa negara saja. Negara-negara tersebut meliputi Uruguay, Chile, Israel, Turki, Italia, dan Portugal. Sejauh ini, Instagram belum memperkenalkan aplikasi tersebut secara global, meski sudah dirilis sejak tahun 2017 lalu. 

Dibanding dengan fitur DM di aplikasi induk Instagram, "Direct" memiliki lebih banyak fitur, misalnya berbagi foto atau video dengan efek boomerang. 

Bagi pengguna yang telah memasang "Direct", percakapan di fitur DM akan pindah ke aplikasi stand alone tersebut. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aplikasi "Direct Message" Instagram Akan Ditutup"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru