Gadget

Apple patenkan headphone teknologi gerakan sentuh, ini spesifikasinya

Rabu, 22 Juli 2020 | 13:48 WIB Sumber: Wccftech
Apple patenkan headphone teknologi gerakan sentuh, ini spesifikasinya

ILUSTRASI. Apple mempatenkan headphone dengan teknologi gerakan sentuh untuk mengatur volume.

KONTAN.CO.ID - Apple terus berinovasi termasuk membuat headphone canggih. Produsen iPhone ini mempatenkan headphone dengan teknologi gerakan sentuh untuk mengatur volume.

Headphone yang biasa untuk mendengarkan musik semakin banyak orang gunakan. Kebutuhannya beraneka ragam, termasuk belakangan untuk meeting online di tengah pandemi virus corona.

Apple sebagai salah satu produsen terkemuka yang memproduksi berbagai device, mematenkan headphone yang sedikit berbeda dengan yang ada di pasaran.

Melansir Wccftech, Rabu (22/7), Apple membuat sebuah desain headphone yang bisa mengatur volume dengan cara memberikan gerakan dan sentuhan.

Baca Juga: 5 rekomendasi earphone TWS terbaik dengan harga Rp 200.000-an

Dalam blueprint yang tersebar di internet, desain headphone yang Apple patenkan memang terlihat biasa saja. Namun, bagian luar headphone mereka mendukung teknologi sentuhan.

Jadi, pengguna bisa memberikan perintah hanya dengan melakukan swipe ke arah atas atau bawah ke permukaan luar headphone untuk mengatur volume. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan tap untuk memberikan perintah pause, resume, next, dan sebagainya.

Blueprint headphone yang dipatenkan Apple

Headphone Apple mendukung fitur hybrid. Jadi, pengguna dapat menggunakannya secara tegak seperti pada umumnya atau horizontal.

Untuk memberikan perintah swipe juga tidak perlu mengikuti perubahan headphone. Misalkan, headphone yang awalnya dipakai secara tegak, pengguna bisa mengatur volume dengan swipe ke atas atau bawah.

Baca Juga: Apple memenangkan sengketa pajak dengan Uni Eropa senilai Rp 217 triliun

Jika posisinya ditidurkan atau horizontal, pengguna tetap swipe ke atas atawa bawah untuk mengatur volume.

Kemampuan headphone Apple yang baru itu juga menjawab permasalahan pengguna AirPods yang menginginkan pengaturan volume. Hingga saat ini, pengguna AirPods masih direpotkan dengan mengatur volume dengan membuka iPhone atau MacBook-nya terlebih dahulu.

Dengan headphone terbaru Apple ini kelak, pengguna tidak perlu lagi repot membuka iPhone atau MacBook hanya untuk mengatur volume.

Rumor yang beredar, produk headphone Apple tersebut akan mengusung nama AirPods Studio. Banderol harganya US$ 349 atau sekitar Rp 5 jutaan. Apple kabarnya akan memasarkan headphone ini akhir tahun nanti.

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru