Kejutan, Arab Saudi Kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022 Qatar

Selasa, 22 November 2022 | 19:24 WIB Sumber: Kompas.com
Kejutan, Arab Saudi Kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022 Qatar

Arab Saudi, menjadi negara Asia pertama yang mampu mengalahkan Argentina di panggung Piala Dunia.


PIALA DUNIA 2022 - DOHA. Timnas Argentina di luar dugaan kalah 1-2 dari Arab Saudi pada laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan Argentina vs Arab Saudi dihelat di Lusail Stadium, Kota Doha, Qatar, pada Selasa (22/11/2022) sore WIB. 

Timnas Argentina sebenarnya berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-10 berkat gol penalti Lionel Messi. Namun, Argentina gagal mempertahankan keunggulan itu dan tampak sangat kewalahan menghadapi pressing tinggi Arab Saudi. 

Sepasang gol penentu kemenangan Arab Saudi dicetak oleh Saleh Al-Shehri (49') dan Salem Al-Dawsari 54'. Timnas Arab Saudi berhasil comeback mengalahkan Argentina meski hanya melepaskan dua tembakan tepat sasaran sepanjang laga. 

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022: Sejarah Singkat Piala Dunia dan Pemenang di Tiap Laga

La Albiceleste, julukan timnas Argentina, bisa dikatakan tidak beruntung karena tiga gol mereka pada babak pertama dianulir dengan alasan offside

Hasil di Lusail Stadium membuat rekor tak terkalahkan timnas Argentina yang sudah berjalan 36 laga beruntun sejak Juli 2019 akhirnya resmi terhenti. Kemenangan timnas Arab Saudi kali ini juga melahirkan sejarah. 

Selebrasi para pemain Arab Saudi.

Si Elang Hijau, julukan Arab Saudi, menjadi negara Asia pertama yang mampu mengalahkan Argentina di panggung Piala Dunia. Kemanangan 2-1 atas Argentina membuat Arab Saudi kini memimpin klasemen Grup C Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Di lain sisi, timnas Argentina untuk sementara harus duduk di dasar klasemen Grup C tanpa poin. 

Selanjutnya, Argentina akan menghadapi Meksiko sementara Arab Saudi dijadwalkan melawan Polandia pada matcday kedua Grup C Piala Dunia 2022. 

Ulasan Pertandingan Argentina vs Arab Saudi: 

Babak pertama pertandingan Argentina vs Arab Saudi berjalan alot dan terbuka. Timnas Argentina yang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-10. Wasit Slavko Vincic menunjuk titik putih setelah melihat layar Video Assistant Referee (VAR) untuk meninjau duel Leandro Paredes (Argentina) dan Saud Abdulhamid (Arab Saudi). 

Dalam tayangan ulang, Saud Abdulhamid memang tampak menjatuhkan Leandro Paredes di kotak penalti Arab Saudi ketika situasi tendangan bebas. Lionel Messi yang maju menjadi eksekutor penalti itu sukses menunaikan tugasnya untuk mengantar Argentina unggul 1-0. Gol Messi tersebut menjadi pembeda skor akhir babak pertama laga Argentina vs Arab Saudi. 

Gol penalti Messi.

Timnas Argentina bisa dikatakan sedikit kurang beruntung karena ada tiga gol mereka yang dianulir wasit pada babak pertama dengan alasan offside. Tiga gol itu dicetak oleh Messi (22') dan Lautaro Martinez (28', 35'). Secara keseluruhan, timnas Argentina terjebak sembilan offside sepanjang babak pertama. 

Berlanjut ke babak kedua, timnas Arab Saudi langsung mengambil inisiatif tetap menerapkan pressing tinggi. Strategi pressing itu kemudian menghasilkan gol pada menit ke-49. Timnas Arab Saudi berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Saleh Al-Shehri. Gol Arab Saudi berawal dari kecerdikan Feras Al Brikan merebut bola dari kaki pemain Argentina di lapangan tengah. 

Baca Juga: Ini Alasan Timnas Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala Dunia Qatar 2022

Feras Al Brikan kemudian langsung mengirim umpan terobosan ke Saleh Al-Shehri yang membuka ruang di sisi kiri. Saleh Al-Shehri yang tidak terkawal melakukan akselerasi terlebih dahulu sebelum melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Tembakan Saleh Al-Shehri itulah yang menggetarkan jala gawang Argentina yang dikawal Emiliano Martinez. 

Lima menit berselang, Emiliano Martinez kembali harus memungut bola dari gawangnya. Arab Saudi berhasil berbalik unggul pada menit ke-54 berkat gol Salem Al-Dawsari. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak gol indah lewat tembakan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti. 

Selebrasi para pemain Arab Saudi.

Tersengat dengan dua gol cepat Arab Saudi, Lionel Scaloni langsung melakukan tiga pergantian pada menit ke-59. Lionel Scaloni menarik keluar keluar Cristian Romero, Alejandro Gomez, dan Leandro Paredes. Tiga pemain itu digantikan oleh Lisandro Martinez, Julian Alvarez, dan Enzo Fernandez. 

Meski terus menyerang, timnas Argentina masih belum berhasil menyamakan kedudukan hingga menit ke-80. Tidak ada gol tambahan tercipta. Timnas Argentina pada akhirnya harus menyerah 1-2 dari Arab Saudi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Argentina Vs Arab Saudi: Tragis, Lionel Messi dkk Tersungkur Kalah 1-2!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru