Arsenal Datangkan Gelandang Tangguh Mikel Merino dari Real Sociedad

Rabu, 28 Agustus 2024 | 10:01 WIB   Reporter: Handoyo
Arsenal Datangkan Gelandang Tangguh Mikel Merino dari Real Sociedad

ILUSTRASI. Arsenal telah resmi merekrut Mikel Merino, gelandang asal Spanyol, dari Real Sociedad. REUTERS/Heiko Becker


SEPAK BOLA - Arsenal telah resmi merekrut Mikel Merino, gelandang asal Spanyol, dari Real Sociedad.

Mengutip premierleague.com, pemain berusia 28 tahun ini menjadi rekrutan senior ketiga Arsenal pada musim panas ini, setelah sebelumnya mendatangkan bek Riccardo Calafiori dari Bologna dan kiper David Raya yang didatangkan secara permanen dari Brentford.

Merino akan mengenakan nomor punggung 23 di Emirates Stadium.

Komentar Manajer Mikel Arteta

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, menyatakan kegembiraannya atas kedatangan Merino.

“Mikel adalah pemain yang akan memberikan kualitas luar biasa dengan pengalaman dan fleksibilitasnya. Dia telah bermain di level tertinggi baik di klub maupun internasional selama beberapa musim terakhir. Mikel akan membuat skuad kami jauh lebih kuat, dengan kemampuan teknisnya, ditambah dengan karakter dan kepribadian yang kuat serta positif," kata Arteta dalam pernyataan resminya.

"Seperti yang kita semua lihat musim panas ini, Mikel adalah seorang pemenang, dengan penampilan kuatnya selama Euro membantu Spanyol memenangkan turnamen," tambahnya.

Baca Juga: Fakta Menarik Sebelum Bursa Transfer Pemain Liga Inggris Ditutup Akhir Pekan Ini

Merino adalah gelandang yang tangguh dan ideal untuk memberikan dukungan kepada Declan Rice di lini tengah. Namun, ia juga dapat bermain bersama Rice, terutama dalam pertandingan di mana Arteta membutuhkan pemain yang kuat dalam duel udara dan mampu memenangkan bola di lini tengah.

Profil Mikel Merino

Lahir di Pamplona, Navarra, pada 22 Juni 1996, Merino memulai kariernya di klub Amigo sebelum pindah ke Osasuna. Setelah bermain untuk tim cadangan mereka, ia dipromosikan ke tim senior pada Januari 2015 dan menjadi pemain reguler di tim utama.

Setahun kemudian, Merino pindah ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund, namun hanya tampil sembilan kali sebelum pindah ke Premier League bersama Newcastle United dengan status pinjaman selama satu musim pada Juli 2017. Merino tampil 25 kali untuk Newcastle dan mencetak satu gol, sebuah sundulan kemenangan melawan Crystal Palace pada Oktober 2017.

Merino kembali ke Spanyol pada Juli 2018 dengan kontrak lima tahun bersama Real Sociedad dan membantu klub tersebut memenangkan Copa del Rey dua tahun kemudian pada 2020. Pada musim panas itu, Merino mendapatkan penampilan pertamanya bersama tim nasional Spanyol dan sejak saat itu telah bermain 28 kali untuk negaranya.

Baca Juga: Manchester United Tambah Anggaran Belanja Pemain Menjadi Hampir £200 Juta

Ia menjadi bagian dari skuad Spanyol untuk UEFA EURO 2024, di mana ia mencetak gol sundulan di menit ke-119 untuk memenangkan perempat final 2-1 melawan Jerman. Merino juga tampil sebagai pemain pengganti di final untuk membantu Spanyol mengalahkan Inggris 2-1.

Arsenal akan berusaha melanjutkan awal musim yang sempurna ketika mereka menjamu Brighton & Hove Albion pada Sabtu siang. Mikel Merino mungkin bisa melakukan debutnya dalam pertandingan tersebut, memberikan dimensi baru di lini tengah Arsenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru