Asyik! User Windows 10 segera bisa memasang aplikasi Android tahun 2021

Senin, 30 November 2020 | 11:24 WIB Sumber: PCMag
Asyik! User Windows 10 segera bisa memasang aplikasi Android tahun 2021

ILUSTRASI. Asyik! User Windows 10 segera bisa memasang aplikasi Android tahun 2021


WINDOWS 10 - User Windows 10 harap bergembira, sebab Microsoft kabarnya sedang menyiapkan proyek menarik yang bisa menjalankan aplikasi Android di laptop. Wah, menarik nih apakah nanti bisa install banyak aplikasi populer yang ada di Android ya?

Hingga saat ini memang belum ada solusi resmi dari Microsoft untuk menjalankan aplikasi Android secara langsung di Windows 10. 

Adapun beberapa langkah alternatif yang bisa kita lakukan dengan menggunakan beberapa emulator Android yang tersedia secara bebas.

Sayangnya menggunakan emulator Android cenderung membutuhkan spesifikasi laptop maupun komputer yang memadai.

Apabila kita menggunakan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan sangat tidak sarankan membuka aplikasi Android lewat emulator.

Namun demikian Microsoft dikabarkan sedang mengerjakan proyek terbaru yang bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 10.

ILUSTRASI: Windows 10

Mengutip dari PCMagz.com, laporan yang datang dari Windows Central mengungkapkan bahwa Microsoft telah menyiapkan proyek dengan codename "Project Latte."

Proyek tersebut memungkinkan user Windows 10 menjalankan aplikasi Android memanfaatkan fitur Windows Subsystem for Linux (WSL).

Sebagai tambahan informasi, fitur tersebut pada dasarnya memungkinkan Windows 10 untuk menjalankan perintah atau command yang ada di Linux.

Dengan demikian Anda tidak perlu memasang Bluestacks (emulator Android) atau aplikasi Your Phone yang harus terhubung ke smartphone Android.

Kabarnya aplikasi Android yang mampir ke Windows 10 tidak melalu Google Play Store seperti yang biasa Anda temukan di smartphone

Untuk informasi lebih lanjut Microsoft kabarnya segera mengumumkan Project Latte ini musim gugur 2021 mendatang sebagai bagian dari Windows 10.

Dengan demikian Windows 10 saat ini menjadi OS serba bisa untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi dari berbagai platform. Seperti contohnya, aplikasi PWA (berbasis web), UWP, Win32, Linux (lewat WSL) dan kelak aplikasi Android.

Kira-kira apa saja ya aplikasi Android yang bisa berjalan di Windows 10? 

Untuk beberapa aplikasi Android populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan beberapa aplikasi lainnya saat ini sudah tersedia di Windows 10. 

Apabila berminat, Anda bisa memasangnya lewat Microsoft Store.

Selanjutnya: Kumpulan fitur baru yang segera hadir di WhatsApp, apa saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru