Edukasi

Asyiknya Beasiswa ke Negeri Sakura dari Kedutaan Besar Jepang, Yuk Simak Syaratnya

Sabtu, 24 April 2021 | 09:12 WIB   Reporter: Yuwono Triatmodjo
Asyiknya Beasiswa ke Negeri Sakura dari Kedutaan Besar Jepang, Yuk Simak Syaratnya

ILUSTRASI. Women in traditional costumes walk beneath decorations for the upcoming new year, amid the coronavirus disease (COVID-19) outbreak in Tokyo, Japan December 18, 2020. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda atau putra-putri Anda sedang mempersiapkan studi ke jenjang strata 1 (S1) pada tahun 2022 mendatang? Tidak ada salahnya Anda menyimak tawaran beasiswa dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia ini. Ingat, batas waktu pendaftaran hingga 7 Mei 2021.

Kedubes Jepang menawarkan beasiswa pemerintah Jepang (MEXT/Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat

Beasiswa tersebut dibuka bagi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2022 (April 2022) mendatang. Sebagai catatan, pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai National Institute of Technology, Japan (KOSEN), Anda dapat mendapatkan informasinya di http://www.kosen-k.go.jp/english/index.html.

Sebelum masuk universitas (college), penerima beasiswa akan belajar di sekolah persiapan pada tahun pertama kedatangannya di Jepang.

Di sekolah persiapan, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, bahasa Jepang, bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

Adapun fasilitas yang akan didapat calon peserta didik dari beasiswa tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, biaya kuliah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah Jepang. Kedua, peserta didik akan memperoleh tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen per bulan atau saat ini kira-kira setara Rp 15,68 juta per bulan (Kurs 1 JPY = Rp 134).

Editor: Yuwono triatmojo
Terbaru