Aturan Baru dari FIFA Soal Gaji Pemain Sepak Bola Wanita Mendapat Dukungan

Jumat, 31 Mei 2024 | 21:01 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Aturan Baru dari FIFA Soal Gaji Pemain Sepak Bola Wanita Mendapat Dukungan

ILUSTRASI. Karier sepak bola seharusnya tidak eksklusif menjadi seorang ibu atau membesarkan anak


SEPAK BOLA - MANCHESTER, INGGRIS. Peraturan baru soal gaji dari FIFA untuk mendukung pemain dan pelatih wanita selama masa kehamilan, adopsi dan cuti hamil merupakan langkah besar bagi para wanita yang telah berjuang untuk menyeimbangkan antara anak dan karier, kata mantan pelatih AS Jill Ellis.

Di antara peraturan tersebut, yang disetujui dengan suara bulat oleh Dewan FIFA awal bulan ini, cuti melahirkan berbayar minimum 14 minggu untuk pemain telah diperluas untuk pelatih, ditambah pemain dan pelatih yang mengadopsi anak akan berhak atas cuti berbayar selama delapan minggu jika anak yang diadopsi berusia di bawah dua tahun.

Seorang pemain atau pelatih wanita yang bukan ibu kandungnya akan diberikan cuti keluarga selama delapan minggu.

Baca Juga: Lionel Messi: Pernah Mundur dari Timnas Argentina, Sebelum Juara Dunia FIFA

Peraturan baru ini juga akan memungkinkan para pemain wanita untuk menerima bayaran penuh saat absen dari latihan atau pertandingan karena masalah menstruasi, serta mendorong tim-tim untuk mengizinkan para pemain wanita untuk lebih banyak berhubungan dengan keluarga saat menjalani tugas internasional.

"(Karier sepak bola) seharusnya tidak eksklusif menjadi seorang ibu atau membesarkan anak, itu harus inklusif untuk itu," kata Ellis, yang melatih tim wanita AS untuk kemenangan Piala Dunia pada 2015 dan 2019. 

"Jika saya tidak memiliki dukungan di sekitar saya, saya tidak akan memiliki kemampuan untuk melakukan itu dan mempertahankan karier saya," tambahnya.

"Ini adalah langkah besar dan langkah besar untuk benar-benar menormalkan kehidupan yang kita jalani sebagai wanita ... itulah yang ingin kami berikan sekarang di setiap level, level klub, level tim nasional, kesempatan bagi para pemain profesional untuk memiliki kesempatan untuk menjadi ibu," tambah Ellis, yang memimpin Kelompok Studi Teknis FIFA di Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga: Sejarah Dunia Hari Ini 21 Mei: FIFA Berdiri - PM India Rajiv Gandhi Terbunuh

Di bawah peraturan baru, klub dapat mendaftarkan pemain di luar periode pendaftaran untuk menggantikan sementara pemain wanita yang absen karena kehamilan, adopsi atau cuti keluarga, sementara pemain yang kembali ke sepak bola karena alasan tersebut dapat didaftarkan di luar periode pendaftaran.

Para pemain akan berhak menerima gaji penuh saat absen karena menstruasi yang parah.

"Ketika Anda bermain olahraga untuk mencari nafkah, dan dalam lingkungan profesional, kita harus memperhitungkan bahwa siklus menstruasi wanita juga dapat berdampak pada kemampuan Anda untuk menjalankan peran Anda," kata Sarai Bareman, Chief Football Women's Officer FIFA.

Asosiasi anggota juga akan didorong untuk mengizinkan pemain wanita berhubungan dengan keluarga mereka saat bertugas di luar negeri, sebuah langkah penting bagi para ibu, kata Bareman, yang dapat berada jauh dari anak-anak mereka selama enam minggu saat bertugas di Piala Dunia.

"Hal itu bisa berdampak besar pada pemain, secara mental, tetapi juga pada anak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .
Tag

Terbaru